Sebulan Satu Ton Limbah B3 Dihasilkan RSUD A Makkasau

  • Bagikan
PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID– Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) atau limbah padat di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare kerap menjadi sorotan. Namun, hal itupun kerap terbantahkan dengan kesadaran pihak manajemen dalam hal pengelolaannya. Pasalnya, limbah B3 selama ini ternyata diangkut dua hingga tiga kali seminggu oleh pihak ketiga yaitu PT Mitra Hijau Asia. Hal ini dilakukan sejak tahun 2017.
RSUD Andi Makkasau bekerja sama dengan PT Mitra Hijau dalam pemusnahan limbah B3. Dalam sebulan rata-rata limbah B3 termasuk limbah Covid-19 yang diangkut PT Mitra Hijau kurang lebih satu ton.
Driver PT Mitra Hijau Asia, Jafar yang ditemui disela pengangkutan limbah mengatakan, perusahaannya sejak tahun 2017 sudah bekerjasama dengan RSUD Andi Makkasau. ” Iya, kami merupakan rekan kerja sama dalam mengangkut limbah B3 di beberapa wilayah Sulsel, termasuk RSUD Andi Makkasau dan satu klinik juga,”jelasnya.
“Dari sini, limbah B3 di bawah ke PT Kima Makassar untuk pemusnahan. Dua sampai tiga kali seminggu, kami mengangkut limbah B3 RSUD Andi Makkasau. Tadi, beratnya belum kami jumlahkan,” tambahnya.
Kasi Penunjang Medik dan Non Medik RSUD Andi Makkasau Parepare, Andi Fatmawati mengatakan, untuk pemusnahan limbah B3 RSUD Andi Makkasau diangkut PT Mitra Hijau Asia dan diangkut ke Makassar. “Dua hingga tiga kali seminggu. Apalagi limbah Covid harus dua hari diangkut lagi,” ujarnya.
Untuk limbah Covid-19 sendiri penanganannya lebih khusus lagi, sebab berbagai proses dilakukan sebelum disimpan pada tempat penyimpanan.  “Sebelum dan sesudah dipacking disemprot dulu disinfektan, ” jelasnya. Selain itu, ada manives untuk pertanggungjawaban antara Pihak RSUD dengan Mitra Hijau Asia sebagai pembuktian limbah tersebut sudah dibawa ke tempat pemusnahan oleh pihak  transporter.
Tidak hanya itu,  di lokasi Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) limbah B3, tidak lama lagi TPS yang baru bakal selesai pengerjaannya. Terkait limbah cair, RSUD Andi Makkasau telah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan dipastikan aman saat terbuang.(nan/B)
  • Bagikan