13 Armada Laut Disiapkan Angkut Pemudik

  • Bagikan
Apel siaga pembukaan posko terpadu angkutan lebaran 2022 yang berlangsung di pelataran Kantor KSOP Kota Parepare pada Senin, 18 April 2022.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2022 melalui Pelabuhan Nusantara Kota Parepare resmi dibuka.

Itu ditandai digelarnya apel siaga pembukaan posko lebaran terpadu yang diikuti dari berbagai instansi dan stakeholder terkait, di antaranya Kementerian Perhubungan (KSOP), Pelindo, Pemkot dalam hal ini Dinas Perhubungan, TNI-Polri, SAR, KKP, Bea Cukai, Stasiun Karantina Pertanian, Jasa Raharja, dan DPC INSA.

Apel siaga dipusatkan di pelataran Kantor KSOP Parepare, Senin 18 April 2022. 13 armada laut pun disiapkan untuk mengangkut pemudik dari berbagai provinsi.

Kepala KSOP Kota Parepare, Triono mengatakan, pelaksanaan gelar pasukan dalam rangka pembukaan posko angkutan lebaran tahun 2022 yang diikuti instansi terkait, baik itu pemda, pemerintah pusat, BUMN , TNI-Polri, seluruh stakeholder, perusahan pelayaran, dan lembaga lainnya.

"Artinya kita siap, pelabuhan Parepare siap melaksanakan pelayaran kepada masyarakat yang menggunakan kapal laut di pelabuhan Parepare," jelasnya.

Selain itu, pemeriksaan fisik terhadap kapal juga telah dilakukan. "Kita sudah lakukan pemeriksaan fisik terhadap 13 kapal, dan sudah dinyatakan layak. Kami sudah siapkan posko dengan kapasitas dan kualitas yang didukung oleh terminal penumpang," tandasnya.

Dia menambahkan, terkait acuan pelayaran SE Kemenhub Nomor 37 tahun 2022, memang ada kelonggaran. "Diprediksi tahun ini ada lonjakan penumpang. Namun kita telah siap untuk itu," pungkasnya. (nan)

Editor: salman razak
  • Bagikan