Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Sangat Penting di Bulan Ramadan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID --Saat puasa, sistem kekebalan tubuh mungkin akan menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Hal ini membuat tubuh akan terasa lemas dan tidak bersemangat. 

Menurut, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, Usman mengatakan, pada saat bulan suci Ramadan banyak persiapan yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Menurutnya, pada bulan tersebut, umat Islam diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa, yaitu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai dari terbit fajar, hingga tenggelam matahari.

"Maka dari itu, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi salah satu persiapan yang penting, " katanya.

Tak hanya itu, Usman mengatakan, tubuh yang bugar dan sehat bisa didapat dengan menjaga daya tahan tubuh alias imunitas. Daya tahan tubuh yang terjaga bisa membuat puasa lancar dan mencegah serangan penyakit.

Untuk menjaga imunitas pada bulan suci Ramadan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti konsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi air putih yang cukup, menjaga pola tidur yang cukup, perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta tetap berolahraga.

"Daya tahan tubuh yang kuat tentu sangat penting di masa pandemi COVID-19 guna melindungi tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Corona. Bisa meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit, 3–5 kali dalam seminggu. Namun, tidak dianjurkan untuk olahraga secara berlebihan mendekati jam tidur karena bisa membuat sulit tidur, "ujarnya.(has)

  • Bagikan