BPJS Kesehatan Pinrang Gelar Sosialisasi Update Informasi Penyelenggaraan JKN-KIS

  • Bagikan

PINRANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Guna mendapatkan update informasi bagi peserta terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kabupaten Pinrang melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Cempa, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Senin 23 Mei 2022.

Pada kegiatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pinrang Herawaty menyampaikan, bahwa masyarakat perlu mengetahui dan memahami berbagai informasi mengenai Program JKN-KIS.

Pada kesempatan tersebut, Herawaty menjelaskan mengenai hak dan kewajiban peserta, jenis-jenis kepesertaan, pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kanal layanan informasi dan pengaduan peserta.

Dirinya menyebut, kanal layanan yang dihadirkan BPJS Kesehatan merupakan inovasi yang berbasis digital. Hal itu diharapkan dapat bermanfaat oleh seluruh peserta JKN-KIS, dalam mendapatkan layanan tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Ada beberapa kanal layanan yang bisa diakses oleh peserta untuk memperoleh layanan diantaranya, aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165," sebut Herawaty.

"Beberapa layanan digital tersebut, memberikan kemudahan kepada peserta untuk memperoleh layanan tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan," tambahnya.

Lebih lanjut Herawaty mengungkapkan, ada beberapa layanan yang dapat diperoleh peserta apabila mengakses kanal layanan tersebut.

"Diantaranya, layanan untuk pendaftaran peserta, perubahan data peserta, pendaftaran layanan untuk mengambil antrean di fasilitas kesehatan, skrining riwayat kesehatan, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Cempa yang turut hadir pada kegiatan tersebut Muhammad Tasbih mengungkapkan, jika pelaksanaan sosialisasi Program JKN-KIS sangat bermanfaat dan banyak membantu masyarakat.

Tasbih menyebutkan, Beberapa kanal layanan juga tersampaikan sehingga sangat membantu dan memudahkan masyarakat, dalam hal memperoleh layanan. Sehingga tak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Sosialisasi ini juga merupakan bentuk sinergi dengan Pemerintah daerah, dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat Cempa, sangat bermanfaat dan membantu masyarakat. Sehingga banyak hal yang sebelumnya kurang dipahami oleh masyarakat, akhirnya bisa dijelaskan pada sosialisasi tadi," sebut Tasbih

"Beberapa kemudahan layanan yang berbasis digital juga disampaikan seperti aplikasi Mobile JKN, yang menurut saya sangat bagus. Sehingga untuk mendapatkan layanan administrasi seperti mengubah fasilitas kesehatan terdaftar misalnya, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mengurus ke kantor BPJS Kesehatan, tetapi dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi Mobile JKN,” tutup Tasbih.(*)

  • Bagikan