Cerita Pina, Rasakan Manfaat Kepesertaan Program JKN-KIS BPJS Kesehatan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Manfaat menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) banyak dirasakan oleh Pina (45).

Pina adalah salah seorang peserta JKN-KIS, yang terdaftar pada segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU).

Pina yang kesehariannya bekerja di salah satu badan usaha ini, mengungkapkan jika Program JKN-KIS sangat membantu dirinya dan keluarga saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

Dengan menjadi peserta JKN-KIS, Pina dan keluarga dapat dengan mudah mengakses fasilitas kesehatan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

“Menjadi peserta JKN-KIS sangat saya rasakan manfaatnya, karena sangat membantu saat memeriksakan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit. Beberapa bulan yang lalu, saya memeriksakan kesehatan ke Puskesmas. Saat itu, saya dilayani dengan sangat baik dan tidak ada biaya pelayanan kesehatan yang saya bayarkan, semuanya cukup dengan menunjukkan kartu JKN-KIS,” cerita Pina, Kamis 17 Mei 2022.

Pina pun menuturkan bahwa kedua anaknya juga pernah menjalani rawat inap di rumah sakit, dan dengan JKN-KIS pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik.

Saat itu, dirinya dengan sigap memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk menjalani pengobatan kedua anaknya yang sedang mengalami radang tenggorokan dan sakit di bagian perut.

“Saat itu, saya membawanya untuk memeriksakan ke Puskesmas. Karena belum juga membaik, akhirnya anak saya dirujuk ke rumah sakit. Setelah melalui beberapa proses pemeriksaan, akhirnya disampaikan oleh dokter kalau anak saya harus menjalani operasi usus buntu, karena terjadi peradangan. Saya bersyukur semua bisa berjalan dengan lancar berkat adanya JKN-KIS dan anak saya bisa pulih dan sehat kembali setelah menjalani operasi," tuturnya.

Dengan kemudahan yang dirinya rasakan saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, Pina berharap pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS dapat terus ditingkatkan dan senantiasa memudahkan peserta.

“Saya sekeluarga merasa terbantu karena telah menjadi peserta JKN-KIS, mungkin jika harus membayar umum, pasti biaya untuk berobat sangat mahal, apalagi jika ada tindakan operasi. Selama di rumah sakit, pelayanan yang diberikan oleh perawat dan dokter juga sangat baik dan tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Harapan saya untuk kedepannya, semoga pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS dapat terus ditingkatkan dan kemudahan akses layanan juga dapat terus diberikan,” harap Pina.(*)

  • Bagikan