Masyarakat Maros Aksi Bersih, Sambut Kedatangan Asesor UNESCO Global Geopark

  • Bagikan

Peserta bersih-bersih Pattunuang Karaengta menyimak arahan koordinator lapangan sebelum menggelar aksi bersih di titik kumpul Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Minggu, 29 Mei 2022. (Foto: Teguh)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Puluhan Komunitas di Kabupaten Maros menggelar aksi bersih-bersih kawasan geosite Pattunuang di Kecamatan Cenrana dan Simbang. Minggu, 29 Mei 2022.

Sepanjang jalur perjalanan Maros-Bone d iantara karst itu menjadi titik fokus aksi bersih-bersih sampah yang diinisiasi Kelompok Kerja (Pokja) Geopark Maros Pangkep Kabupaten Maros untuk kembali memantapkan persiapan kedatangan Tim Asesor UNESCO Global Geopark.

Wakil Bupati Maros, sekaligus Ketua Pokja Geopark Maros Pangkep Kabupaten Maros, Hj Suhartina Bohari mengatakan, jika aksi yang dilaksanakan itu melibatkan sedikitnya 30 komunitas dan instansi pemerintahan dan TNI/Polri.

"Hari terus berjalan menjelang kedatangan tim asesor, kita harus manfaatkan semaksimal mungkin waktu yang ada. Kita kolaborasikan setiap aktivitas yang kita laksanakan," ujar Suhartina Bohari.

Menurut Suhartina, jika jalur trans sulawesi yang berada di dalam kawasan geopark ini menjadi tantangan bagi pihaknya, apalagi persoalan sampah, para pengguna akses jalan masih ada yang belum sadar terkait sampah.

"Jalan poros Maros-Bone ini memang tantangan, kita harus kerja ekstra, karena banyaknya kendaraan melintas yang sebagian masih membuang sampah sembarangan. Makanya hari ini, kita fokus membersihkan sampah plastik dan juga memberikan edukasi bagi pengguna jalan," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan aksi bersih-bersih jalur Pattunuang, Abdhi mengatakan, jika aksi yang ia lakukan itu melibatkan banyak komunitas dan pemerintah. Sedikitnya 7,5 ton sampah plastik diangkut dari Jalan Pattunuang.

"Sedikitnya 30 komunitas yang hadir, kita juga terus dibackup oleh Pemerintah Kabupaten Maros, ada Dinas DLH, Dinas Pariwisata, Bagian Umum Setda Maros, TN Babul, Pemerintah Kecamatan Cenrana dan Simbang, Desa Labuaja dan Sambueja dan pihak dari Polres Maros serta Batalyon Infanteri Para Raider 433/Julu Siri di Sambueja," ujarnya.

"Ada juga komunitas di antaranya, Youth Forum Geopark Maros Pangkep, Genpi Maros, JJS Maros, Wcd Maros, Pramuka DKR Simbang, BKNDI, Abu darda, Oi Maros, Sapma Cokroaminoto Karang Taruna Kecamatan Simbang, Kehutanan UMMA, LPA HPPMI, Karang Taruna Kecamatan Cenrana, KSR PMI Markas Maros, KPE Bislab, AAP Maros, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Kecamatan Simbang, Samangki Peduli Community, Ikatan Remaja Masjid Jami Nurut Taqwa Samangki, Komunitas Pasikirina Samangki, Passapeda na Simbang, Tagana Maro, SarSos Karang Taruna, Kormi Maros, BKPRMI Maros, Forum Komunikasi Dara Daeng Maros," rinci Abdhi. (guh)

  • Bagikan