Pemkot Parepare Gandeng Pertamina Kenalkan Kebun Raya Jompoe Lewat Internet

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama PT Pertamina TBBM Parepare, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Website dan Aplikasi di Kebun Raya Jompie (KRJ) Parepare, Rabu, 25 Mei 2022.

Kepala DLH Parepare, Budi Rusdi mengatakan, aplikasi KRJ Parepare yang kini tersedia di android playstore, bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak pengelola Kebun Raya lainnya di Indonesia, bisa bergabung dengan link itu.

"Ini sangat penting untuk memberikan informasi dan sebagai wadah untuk menyebarluaskan konten-konten KJR kepada publik. Selain itu, juga bisa menjadi alat komunikasi dengan pengelola KRJ," katanya.

Budi mengemukakan, selain berisi koleksi tanaman, KRJ merupakan tempat belajar, penilitian, dan sekaligus wisata. Budi berharap, dengan pengelolaan informasi publik yang maksimal dapat menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung ke KRJ.

"Kami sudah kedatangan banyak tamu dari luar Sulawesi dan mereka mengapresiasi eksistensi KRJ. Itu karena konsisten dikelola dengan baik sampai saat ini. Olehnya itu, pengelola diharapkan dapat mengupgrade diri baik dari segi keterampilan maupun wawasan, demi memberikan pelayanan, serta turut membantu dalam mengelola aplikasi dan website KJR ini dengan baik, termasuk memperbaiki data-data yang ada di dalamnya. Terlebih, aplikasi KRJ ini masih satu-satunya di Sulsel dari beberapa kebun raya yang ada," ungkap Budi.

Sementara, Manajer Fuel PT Pertamina TBBM Parepare, Tony Kurniawan menerangkan, kegiatan Bimtek ini adalah bentuk sinergitas antara Pemerintah dan Pertamina, yang sejalan dengan road map Pertamina terkait digitalisasi.

"Harapannya, dapat lebih mempermudah wisatawan endemik, karena bisa dikatakan bahwa KJR ini adalah museum endemik yang ada di Sulsel. Kami harap juga bisa menjadi sarana pendidikan, sehingga kami berencana untuk melakukan sosialisasi di sekolah, atau berkolaborasi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," terang Tony Kurniawan. (anj).

  • Bagikan