Gencar Sosialisasikan Program JKN, BPJS Kesehatan Datangi Warga Desa Bungi

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Guna meningkatkan pemahaman warga terkait Program JKN dan juga sebagai bentuk penyebarluasan informasi kepada peserta, BPJS Kesehatan Cabang Parepare kembali melaksanakan sosialisasi Program JKN kepada warga Desa Bungi, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pinrang, Herawaty menyampaikan bahwa informasi seputar Program JKN, harus senantiasa disampaikan dan disebarluaskan, mengingat hal ini sangat penting untuk dipahami oleh seluruh masyarakat.

“Pemberian informasi langsung kepada peserta merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan, guna meningkatkan pemahaman peserta terkait Program JKN. Beberapa kanal layanan juga dipaparkan sebagai bentuk kemudahan yang diberikan kepada peserta dalam mendapatkan layanan administrasi maupun layanan di fasilitas kesehatan. Kanal layanan tersebut merupakan inovasi yang berbasis digital, yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh peserta JKN,” ungkap Herawaty.

Dalam kesempatan tersebut, Herawaty juga menyampaikan inovasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan, salah satunya yaitu program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Menurutnya, program yang bisa diakses melalui Aplikasi Mobile JKN itu bisa memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta yang memiliki tunggakan iuran.

“Dalam sosialisasi yang diberikan kepada warga, kami juga menyampaikan terkait Program Rehab yang merupakan kepanjangan dari Program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap. Program ini memberikan keringanan bagi peserta dengan segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan BP yang memiliki tunggakan iuran untuk dapat melakukan pembayaran iuran melalui mekanisme cicilan,” tutur Herawaty.

Beberapa hal juga dipaparkan dalam sosialisasi tersebut diantaranya terkait hak dan kewajiban peserta, jenis-jenis kepesertaan, pelayanan di fasilitas kesehatan, kanal-kanal layanan administrasi seperti, Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.

Sementara itu, Kepala Desa Bungi, Andi Basuki dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya atas sosialisasi yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Parepare. Menurutnya, warga yang hadir bisa lebih paham lagi terkait Program JKN.

“Sosialisasi yang diselenggarakan BPJS Kesehatan menurut saya sangat bagus, warga yang awalnya tidak tahu, sekarang bisa lebih paham tentang Program JKN. Saya juga berharap sosialisasi seperti ini bisa dilaksanakan kembali di lain waktu,” tutup Andi Basuki.(*)

  • Bagikan