JCH Kloter 13 Sulbar Tiba di Embarkasi Makassar, Selasa Dini Hari Bertolak ke Jeddah

  • Bagikan

JCH asal Majene dan Sulbar saat tiba di asrama Sudiang Makassar. Rencananya, dini hari bertolak ke Jeddah Arab Saudi.

MAJENE, PARE POS- Rombongan Jemaah Calon Haji (JCH) 1443 Hijriyah-2022 Masehi pada Kloter 13 asal Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sudah tiba di Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan pagi Senin, 27 Juni 2022.

JCH yang tergabung dalam kloter 13 ini, berjumlah 387 jemaah, meliputi Kabupaten Polman 221 jemaah, Majene 117 jemaah, dan Mamasa 49 jemaah.

Penyerahan JCH Kloter 13 asal Sulbar, ditandai penyerahan manifest JCH, pembagian identitas dan gelang jemaah, pemeriksaan kesehatan di klinik Embarkasi serta dilakukan pemeriksaan dan penimbangan koper JCH.

JCH yang tergabung dalam kloter 13 ini, rencananya akan diberangkatkan dari embarkasi Makassar menuju Jeddah, Arab Saudi pada Selasa 28 Juni 2022 pada pukul 04:20 Wita subuh dini hari dan diperkirakan tiba di Jeddah Arab Saudi pada hari yang sama sekitae pukul 12:10 Waktu Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulawesi Selatan juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Drs H Khaeroni berharap kepada seluruh JCH Sulbar, agar mampu menjadi jemaah haji sesuai tema Menjadi Haji Yang Mabrur dan Bermaslahah Bagi Keluarga, Masyarakat, Bangsa, dan Agama.

"Selama para JCH di Mekkah diharapkan mendoakan orang tua, anak-anaknya, keluarga, pemerintah, Kemenag serta seluruh kerabat terdekat," harapnya.

Sementara, Kakanwil Kemenag Sulbar Dr H M Muflih BF mengucapkan rasa syukur, karena tahun ini memasuki tahapan pemberangkatan JCH di mana selama dua tahun terakhir tertunda akibat pandemi Covid-19.

"Saya berpesan kepada para jemaah agar selalu menjaga nama baik daerah Sulbar dan tidak menimbulkan masalah, seperti percekcokan, karena akan mengurangi nilai ibadah kita, dan jaga kesehatan, dan jaga kedisiplinan, baik disiplin ibadah, disiplin makan, dan disiplin istirahat," pesannya.

Sedangkan Bupati Majene Andi Achmad Syukri usai melepas secara resmi calon haji asal Majene juga turut langsung mengantar jemaah hingga ke asrama Sudiang, Makassar.

Hadir dalam rombongan Kloter 13, Asisten III Pemprov Sulbar H M Jamil Barambangi, Kepala Kemenag Majene bersama jajaran, Kepala Kemenag Polman bersama jajaran, Kepala Kemenag Mamasa bersama jajaran, Wakil Bupati Polman, Sekda Polman, Asisten I Setda Majene, Pemprov Sulawesi Selatan serta para peserta JCH. (edy)

  • Bagikan