JCH Soppeng Dilepas, Bupati Andi Kaswadi Minta Ibadah Dijaga

  • Bagikan

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat menyerahkan bendera merah putih kepada petugas TPHD Soppeng, pada acara pelepasan JCH, di Rujab Bupati Soppeng, Rabu 15 Juni malam.

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Jemaah Calon Haji (JCH) Soppeng yang tergabung dalam kloter 1 embarkasi Makassar, dilepas Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak di Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Rabu malam, 15 Juni 2022.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Soppeng, H Fitriadi dalam laporannya mengatakan, Kabupaten Soppeng pada tahun 2022 mendapatkan kuota sebanyak 115 orang, ditambah jemaah mutasi dari Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 3 orang dan Petugas Haji Daerah (PHD) sebanyak 1 orang, jadi jumlah keseluruhan sebanyak 119 orang.

"Insya Allah calon jemaah haji akan diterima di Asrama Haji Makassar pada tanggal 16 Juni 2022 pukul 08.00 Wita. Setelah penerimaan secara resmi oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) embarkasi, jemaah haji akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang identitas dan lain sebagainya. Selanjutnya calon jemaah haji akan berangkat ke Bandara Hasanuddin dan Take off ke Madinah tanggal 17 Juni 2022," beber Fitriadi.

Sementara Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak menjelaskan, kegiatan ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri, karena beberapa tahun terakhir selama masa pandemi tidak ada pemberangkatan jemaah haji. "Alhamdulillah tahun ini pemerintah telah memberikan kesempatan kepada kita melaksanakan ibadah haji," ucapnya.

Kata dia, patut bersyukur, karena dari sekian ribu orang yang menanti, kitalah yang mendapatkan kesempatan berangkat kali ini. Untuk itu jagalah ibadah, dan dia selalu tekankan jangan sampai masalah handphone (HP) merusak ibadah kita di tanah suci.

"Kepada para calon jemaah haji, jagalah kebersamaan saling mendukung dan membantu, tidak boleh saling melemahkan dan tetap senantiasa menjaga kesehatan termasuk melakukan swab kepada para calon jemaah, karena ini merupakan suatu persyaratan yang harus dipenuhi dan kita doakan semoga semuanya negatif," harapnya.

Sekadar diketahui, untuk Kabupaten Soppeng mendapatkan 1 petugas TPHD (tim pemandu haji daerah) atas nama Andi Wadeng, yang bertugas menyertai jemaah haji dalam kelompok, membantu memberikan bimbingan ibadah, pelayanan umum, dan pelayanan kesehatan.

Turut hadir dalam pelepasan itu, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, para Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, para Kepala SKPD, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Ketua Baznas, para pengantar calon jemaah haji. (wis)

  • Bagikan