Pastikan Kartu JKN-KIS Aktif, Asniah Rutin Bayar Iuran Tiap Bulan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Salah seorang peserta yang telah merasakan manfaatnya adalah Asniah (38).

Ditemui saat sedang mengakses pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Asniah mengaku saat ini sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa juga disebut dengan peserta mandiri. Asniah juga menyampaikan, jika dirinya selalu memastikan kartu JKN-KIS miliknya senantiasa aktif, dengan cara rutin membayar iuran tiap bulan, agar terhindar dari denda pelayanan.

“Karena saya terdaftar sebagai peserta mandiri, saya juga rutin membayar iuran tiap bulan agar terhindar dari denda pelayanan dan juga saya bisa memastikan kartu JKN-KIS saya senantiasa aktif. Ini juga sebagai bentuk perlindungan, karena sakit bisa datang tiba-tiba apalagi saya yang memiliki riwayat sakit maag,” tutur Asniah, Kamis (24/03).

Asniah mengaku bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS. Menurutnya, pelayanan kesehatan jadi lebih mudah diakses, hanya dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS, manfaatnya sangat saya rasakan. Beberapa kali saya memeriksakan kesehatan di Puskesmas, karena penyakit maag yang saya alami, pelayanan yang diberikan selama berobat di Puskesmas juga sangat baik dan tidak ada biaya yang dikeluarkan, cukup dengan memperlihatkan kartu JKN-KIS,” ungkap Asniah.

Asniah juga menyampaikan jika manfaat Program JKN-KIS, juga dirasakan oleh adiknya. Beberapa bulan yang lalu, Asniah mendampingi adiknya untuk memeriksakan kehamilan dan menjalani persalinan di Puskesmas.

“Manfaat Program JKN-KIS juga dirasakan oleh adik saya. Beberapa kali saya mendampinginya periksa kehamilan di Puskesmas dan juga saat persalinannya, semuanya hanya menggunakan kartu JKN-KIS. Tidak ada biaya yang dibayarkan dan pelayanan yang didapatkan juga sangat bagus,” cerita Asniah.

Di akhir perbincangan, Asniah mengungkapkan harapannya agar peserta JKN-KIS dapat terus diberikan pelayanan yang terbaik.

“Harapan saya tentunya, agar peserta JKN-KIS dapat terus diberikan kemudahan layanan dan pelayanan yang terbaik, meskipun saat ini menurut saya, sudah sangat baik,” tutup Asniah.(*)

  • Bagikan