JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan menghadirkan 241 Smart Branch secara serentak di seluruh Indonesia.
Smart Branch merupakan aplikasi yang diluncurkan Bank Mandiri untuk memudahkan nasabah dalam proses transaksi perbankkan.
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, langkah transformasi digital ini juga merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di tanah air. Untuk itu, transformasi Smart Branch akan hadir dalam tiga tipe, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.
"Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” ujar Darmawan dalam peresmian Smart Branch pada Jumat, 29 Juli 2022.
Selain itu, ia pun menjelaskan Kehadiran Smart Branch ini didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital dengan menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine.
"Tidak hanya itu nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu oleh General Banker (GB) yang bertugas," ujarnya.
Inovasi Smart Branch ini diluncurkan dengan mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang kemudian berorientasi kepada nasabah atau customer centric.
Dengan fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch akan menikmati sensasi perbankan yang jarang ditemuai yakni cepat, mudah,
aman dan handal dengan dukungan digital teknologi.
"Kehadiran Smart Branch ini sengaja kami lakukan untuk memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri. Melalui fitur “Layanan Cabang” di Livin’ by Mandiri, nasabah dapat membuat reservasi sebelumnya untuk bertransaksi di Smart Branch dengan lebih cepat, mudah, aman dan sesuai kebutuhan,” katanya.
Tidak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form yang paperless.
“ Sehingga dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri.” imbuhnya.
Ia pun berharap dengan inovasi ini seluruh nasabah dan masyarakat di Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru bukan hanya di Ibu kota tapi juga di seluruh wilayah Indonesia.
" Dengan inovasi ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah," pungkasnya.
Sebagai informasi pada 29 Juli 2022, Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch yang tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak. (*)