Kadisbudpar Pasangkayu Prioritas Peningkatan Kawasan Wisata

  • Bagikan

PASANGKAYU- PAREPOS.FAJAR.CO.ID --  Perkembangan dan kemajuan Kabupaten Mamuju Utara berganti nama menjadi Kabupaten Pasangkayu.

Dengan nama Pasangkayu merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat  hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Pasangkayu mulai berkembang dari beberapa sektor, salah satunya sektor wisata.

Sedikitnya tercatat empat Obyek Wisata Kabupaten Pasangkayu yang menjadi favorit saat ini, kawasan wisata tersebut di antaranya tugu Smart Pasangkayu  terletak dibundaran kota Pasangkayu.

Tugu Smart, merupakan ikon dari kabupaten Pasangkayu, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Bupati terpilih tahun 2015, sehingga terwujud sejahtera, mandiri, dan bermartabat (Smart). Dan tugu Smart terdapat  dalam kota Pasangkayu, selain pengunjung menikmati keindahan pandangan mata juga pengunjung dapat mencicipi beragam jenis jajanan khas kuliner.

Selain keindahan itu, juga terdapat keindahan Air Terjun Kaluku Nangka, yang terletak di Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu. Lokasi Air terjun itu kita harus melewati hutan dan medan berbatu. Untuk merasakan segarnya debit air, pengunjung dapat berendam maupun berdiri di bawah aliran air terjun dengan air yang segar.

Selanjutnya, Pantai kota Pasangkayu juga menjadi salah satu ikon Kabupaten Pasangkayu. Di Pantai Pasangkayu itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan yang indah diselingi dengan pandangan tumbuhan pohon kelapa, dan bangunan Masjid terapung, serta tubuhnya pohon bersejarah dengan sebutan" Vova Sanggayu" Vova artinya pohon dan Sanggayu artinya sebuah Kayu.

Kemudian Pantai Cinoki adalah Pantai yang lokasinya terletak di Kecamatan Sarudu juga menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Pasangkayu.

Dimana Kecamatan Sarudu jarak tempunya sekitar 80 km dari ibu kota kabupaten Pasangkayu, diketahui pantai Cinoki itu, memiliki pemandangan yang indah berupa lautnya yang berwarna biru, dan hamparan pasir putih yang begitu memanjakan pandangan mata.

Dalam keindahan itu, pemerintah Kabupaten Pasangkayu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabnupaten Pasangkayu H Yunus Alsam S.Pd,M.Si berharap kedepan potensi objek wisata tersebut secara umum dapat dikunjungi.
"Ke depan terus bekerja sama di semua leading sektor termasuk masyarakat, perbankan, perusahaan,  terkhusus PT Astra Agro Lestari Tbk selaku mitra awal untuk kelanjutan pembangun sarana dan prasarana objek wisata Kabupaten Pasngkayu", terang H M Yunus. (bur)

  • Bagikan