Lurah Ujung Labuang Manfaatkan PANDAWA Sebagai Kanal Informasi Warga

  • Bagikan

Penggunaan telepon seluler saat ini telah menjadi kebutuhan utama bagi setiap masyarakat. Apalagi ditambah dengan keragaman aplikasi yang dimanfaatkan membuatnya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang mendorong BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan beragam inovasi berbasis telepon seluler, sehingga kecepatan informasi yang dibutuhkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam diperoleh dalam satu genggaman.

Salah satu inovasi yang saat ini menjadi andalan BPJS Kesehatan adalah Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp atau disingkat PANDAWA. Penggunaanya cukup mudah, peserta yang membutuhkan layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga, perubahan segmen kepesertaan, dan perubahan data identitas peserta, dapat menghubungi nomor 08118165165.

Salah satu peserta yang telah memanfaatkan inovasi ini adalah Rijal (28), yang merupakan Lurah Ujung Labuang, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

“Sebagai seorang Lurah, tidak sedikit warga saya yang sering bertanya tentang BPJS Kesehatan kepada saya. Mulai dari hanya sekedar status kepesertaan, hingga meminta bantuan untuk merubah data identitas dirinya. Saya selalu mengarahkan warga saya untuk menghubungi nomor PANDAWA BPJS Kesehatan. Namun jika warga tersebut tidak sempat, maka saya yang menghubungi nomor tersebut dan membantu mencarikan informasi yang diperlukan,” katanya, Senin (18/07).

Di satu sisi, sebagai peserta JKN, Rijal juga selalu mengandalkan kartu JKN pada saat membutuhkan akses layanan kesehatan.

“Saya selalu menggunakan kartu JKN pada saat ingin memeriksakan kondisi kesehatan saya ke Puskesmas. Dan yang paling saya suka adalah pelayanan pemeriksaan yang diberikan oleh dokter sangat baik, serta obat yang diresepkan kepada saya selalu ampuh untuk mengobati sakit yang saya rasakan,” kata Rijal.

Di akhir pembicaraan, Rijal berharap agar Program JKN ini dapat lebih memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat terkhusus bagi warga Pinrang. Rijal juga berharap, agar lebih banyak lagi inovasi yang mempermudah masyarakat.

“Semoga pelayanan BPJS Kesehatan dapat terus ditingkatkan, terutama teknologi yang menggunakan telepon seluler yang sudah semakin canggih,” tutupnya.(*)

  • Bagikan