Menjadi Peserta PRB, Akses Layanan Jadi Lebih Mudah dan Lebih Baik

  • Bagikan

Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan merupakan program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang. Diharapkan dengan adanya program PRB, dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi peserta JKN-KIS, salah satunya dapat menjaga kualitas hidup peserta yang berpenyakit kronis dan penyakit yang dideritanya tidak sampai jatuh ke komplikasi yang lebih parah.

Salah seorang peserta JKN-KIS yang juga terdaftar sebagai peserta PRB, Usman (57) mengungkapkan pengalamannya, saat awal mulanya menjalani pemeriksaan hingga mengetahui jika dirinya mengidap penyakit jantung.

“Beberapa tahun yang lalu, saya mengeluhkan sering mengalami sesak dan susah mengatur nafas. Saat itu, saya kemudian memeriksakan kesehatan di fasilitas kesehatan. Setelah menjalani beberapa kali pemeriksaan, baik itu di puskesmas maupun rumah sakit, dokter menyampaikan jika ada penyumbatan pembuluh darah di jantung. Saya mengikuti semua yang disampaikan oleh dokter untuk tindakan selanjutnya,” cerita Usman.

Ia mengungkapkan dirinya sangat bersyukur telah menjadi peserta JKN, operasi jantung yang dijalaninya bisa berjalan lancar dan biaya pelayanan kesehatan tidak menjadi tanggungannya.

“Saya sangat bersyukur telah menjadi peserta JKN. Nyawa saya bisa tertolong dengan adanya program ini. Saya telah menjalani operasi jantung dan sampai sekarang rutin memeriksakan kesehatan serta rutin meminum obat. Seluruh biaya pelayanan kesehatan tidak menjadi tanggungan saya,” ungkap Usman.

Saat ini, dirinya rutin tiap bulan memeriksakan kesehatan di Puskesmas, kemudian selanjutnya mengambil obat di apotek PRB yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Obat yang diterimanya juga lengkap dan pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

“Akses layanan saat ini jadi lebih mudah. Obat yang diberikan juga lengkap. Selama menjalani pengobatan, saya tidak pernah khawatir karena pelayanan yang diberikan juga sangat baik. Karena menurut saya jika pelayanannya baik, belum meminum obat pun, saya sudah merasa sembuh. Semoga pelayanan yang baik seperti ini, dapat terus diberikan kepada peserta JKN,” tutur Usman.

Usman merasa sangat bersyukur, karena saat ini kesehatannya sudah jauh lebih baik dan stabil, namun tetap harus selalu menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.

“Saya sangat bersyukur karena saat ini, kesehatan saya sudah jauh lebih baik dan stabil. Namun, saya tetap selalu menjaga kondisi kesehatan dengan tetap menerapkan pola hidup sehat dan rajin beristirahat, serta tidak memaksakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya berat,” tutup Usman.

  • Bagikan