Mutasi TNI, Penghatam Alquran Gantikan Posisi Pangdam XIV/Hasanuddin

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID--
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memutasi sebanyak 180 Perwira Tinggi TNI atau Pati di lingkungan TNI. Mutasi dan promosi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022, tertanggal 27 Juni 2022. Dari laman tniad.mil.id, mutasi jabatan di lingkungan TNI dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier prajurit TNI.

Tujuannya, untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan demikian TNI dapat terus melakukan upaya peningkatan kinerja TNI, melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira, termasuk Pati TNI.

Dari ratusan yang mendapatkan mutasi, salah satunya adalah Pangdam XIV/Hasanuddin yang kini dijabat Mayjen TNI Andi Muhammad SH berganti dan menjabat Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Pangdam yang merupakan putra kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu digantikan oleh Mayjen TNI Totok Imam Santoso, pria kelahiran Magetan Jawa Timur 1968. Saat ini, Mayjen TNI Totok Imam Santoso menjabat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed)

Namun ada yang menarik dari pria alumni Akademi Militer 1989, dimana di balik sosoknya yang tegas dan kaya visi modern ternyata jendral bintang dua ini adalah seorang penghatam Alquran.
Dan menariknya, mengkhatam 30 juz tepat di bulan baik yaitu pada Nisfu Syaban 15 Syaban 1443 atau 18 Maret 2022.

“Khatam Alquran, Alhamdulillah pada bulan baik ini bisa menyelesaikan 30 juz,” tulis Mayjen TNI Totok dari media sosialnya beberapa waktu lalu. Khatam Alquran merupakan salah satu cita-cita utama yang menjadi impian umat Muslim. Karena, banyak keutamaan yang diberkahi Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW yang mengkhatam Alquran.

“Membaca (Alquran) tidak perlu buru-buru, pahami Tajwidnya dan artinya sehingga bacaan benar dan tahu maksudnya. Nantinya Alquran ini akan memberikan terang di alam kubur kita,” kata Mayjen TNI Totok dikutip dati viva militer. Perlu diketahui, di tengah kesibukannya sebagai seorang pemimpin pasukan Mayjen TNI Totok memang dikenal sebagai orang yang taat beribadah.(*)

  • Bagikan