Usai Peresmian Kantor Unit SAR Majene, Basarnas Selamatkan Warga Korban Gempa

  • Bagikan

Wakil Bupati Majene Arismunandar saat memimpin apel peresmian Kantor Basarnas Provinsi Sulbar Unit Siaga SAR Majene di Stadion Prasamya Mandar Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Sulbar Unit Siaga SAR Kabupaten Majene berhasil menyelamatkan dua orang warga dari reruntuhan gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo.

Kedua warga yang berhasil diselamatkan personel Basarnas Majene itu, merupakan peserta simulasi Collapsed Structure Search dan Rescue (CSSR) yang melibatkan Basarnas 8 personel, PSC 29 personel, Pramuka peduli 10 personel, dan SAR Malagbi 2 personel.

Kegiatan simulasi digelar setelah apel peresmian Kantor Basarnas Provinsi Sulbar Unit Siaga SAR Majene yang dipimpin Wakil Bupati Majene Arismunandar di Stadion Prasamya Mandar Majene.

Arismunandar mengatakan, tenaga personel Basarnas sangat dibutuhkan di Majene dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

"Terlebih Majene menjadi salah satu wilayah dengan potensi bencana yang cukup tinggi, sehingga kehadiran tim SAR merupakan suatu kehormatan tersendiri," ucapnya.

Ia juga mengucap apresiasi dengan terbentuknya unit SAR di Majene. Alasannya, pembentukan unit SAR sangat diharapkan untuk kegiatan pencarian dan pertolongan di Majene bisa lebih efektif dan efisien.

Sementara, Kepala Kantor Basarnas Mamuju Provinsi Sulbar Muh Arif Anwar menerangkan, memperhatikan potensi kecelakaan bencana dan musibah yang cukup besar di wilayah Sulbar, maka peresmian Kantor unit SAR di Majene merupakan langkah nyata, respon time untuk melakukan pertolongan kemanusiaan bagi yang memerlukan bantuan sar di Majene.

"Tugas ini sangat berat, dan kami tim SAR sangat terbatas dari segi sumber daya, sehingga sinergitas seluruh pihak, TNI, Polri, Pemda dan organisasi masyarakat sangat dibutuhkan," ujarnya.

Untuk menunjang tugas di kantor unit SAR Majene, lanjutnya, telah melengkapi berbagai peralatan lengkap. Seperti mulai dari satu unit resgue, satu unit RIB bermesin 500 PK, alat divinf 2 set dan alat penunjang lainnya.

Hadir dalam peresmian, bersama Sekda Majene, Dandim 1401, Kapolres Majene, Kepala BPBD, Kepala BMKG Majene dan Kadisdikpora Majene serta para siswa siswi di kota Majene. (edy)

  • Bagikan