Pecinta Alam Polman Kibarkan Merah Putih Sepanjang 77 Meter di Pegunungan Bulo

  • Bagikan

POLMAN,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Komunitas Pecinta alam (KPA) Sandeq Kabupaten Polman menggelar peringatan Kemerdekaan RI ke 77 sekaligus upacara 17 Agustus 2022 dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 77 meter dengan lebar 4 meter di puncak Senayan Desa Bulo Kecamatan Bulo Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Puncak Senayan Bulo atau lebih dikenal Negeri diatas Awan, juga dihadiri berbagai komunitas pencinta alam luar daerah Polman seperti Manado, Mamasa, Pinrang, Majene dan beberapa dari Komunitas lainnya serta pemuda-pemudi asal Polman.

Mereka yang datang dari berbagai komunitas masing-masing mendirikan tenda menikmati suasana Puncak Senayan Bulo dimalam hari sembari menunggu pemandangan awan di pagi hari.

Pembina Sandeq Polman Muh Yunus mengatakan hari kemerdekaan tahun ini direfleksikan dengan cara berbeda dari sebelumnya. Konsep ini sengaja dilaksanakan di Bukit Senayan Bulo untuk memperkenalkan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Polman.

"Kita sengaja membentangkan bendera merah putih dipuncak ini untuk memperkenalkan objek wisata khususnya yang ada di Bulo kecamatan Bulo supaya bagaimana wisata ini tidak dikenal cuma di Sulbar saja tapi se Indonesia," Ujar Pembina Sandeq Polman Yunus usai Upacara 17 Agustus 2022.

Selain pemandangan yang menjanjikan, Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian dan Pangan Polman itu menyebutkan hasil buah durian otong menjadi salah satu icon menarik para wisatawan yang ingin menikmati cita rasa dari durian otong kebun raya Bulo.

Ia juga menjelaskan tujuan dari kegiatan hari ini adalah memperlihatkan semangat nasionalisme khususnya dalam mengenang pahlawan-pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan yang sampai saat ini sudah ke 77 tahun.

"Kita mau lihat jiwa pemuda pemudi kita punya nilai nasionalisme. Termasuk menjalin silaturahim antar pemuda pemudi dan pencinta alam dari berbagai daerah," Ungkapnya.

Tak hanya itu, di peringatan HUT RI ke 77 tahun ini Yunus menuturkan pesan dari kegiatan ini agar pemerintah memperhatikan akses jalan dan penerangan jalan di setiap objek wisata yang ada di Kecamatan Bulo.

Pasalnya setiap pengelola yang ada di Bulo ini hampir dikelola pemuda generasi yang mampu menopang peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Akses jalan dan penerangan jalan yang menjadi kendala mereka, karena dimana pun objek wisata di gunung jika akses jalannya bagus maka banyak wisatawan yang akan berkunjung dan itu punya nilai meningkatkan ekonomi masyarakat," tutur Muh Yunus.

Setelah membentangkan bendera merah putih 77 meter dengan lebar 4 meter dalam upacara 17 Agustus 2022, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan lari karung menjadikan suasana semakin semarak. (win)

  • Bagikan