Rahmat Sjamsu Alam Terpilih Aklamasi Pimpin KAHMI

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID---Setelah melalui perdebatan dan pembahasan yang alot, peserta Musyawarah Daerah (Musda) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Parepare secara aklamasi memilih Rahmat Sjamsu Alam sebagai Ketua Umum KAHMI Parepare periode 2022/2027, Ahad 7 Agustus 2022 di Ballroom UNM Kampus Parepare.

Perdebatan antara peserta Musda terkait tata tertib Musda, utamanya pasal tentang sistem kepemimpinan di Majelis Daerah KAHMI apakah sistem presidium  (lima orang) atau presidensial (tunggal).Malah steering commitee yang dipimpin Gusti Firmansyah dengan anggota Muh Ali dan Fadly Agus Mante sempat dua kali menskorsing sidang.

Peserta Muh Yusuf MR  mengatakan, usulan antara sistem presidensial atau presidium tidak subtabsial untuk diperdebatkan, tetapi yang harus dipahami apa plus dan minusnya kedua sistem ini, kekurangan atau kelebihannya. "Tapi saya setuju kalau sistem presidensial, karena dengan kondisi Parepare dimana kepengurusan yang mencapai 40 orang, jika dipimpin presidium akan tidak efektif, untuk roda organisasi," kata Yusuf MR.

Sementara Yodi Haya menilai sistem presidium lebih tepat dengan pertimbangan kebersamaan sesama pengurus."Meski pun kepengurusan satu tahun untuk masing masing koordinator, tapi saya kira sudah efektif.Apalagi sudah ada pengalaman periode sebelumnya,"kata mantan Kepala Badan Keuangan Daerah ini.

Setelah melalui perdebatan akhirnya diputuskan untuk memilih sistem presidensial melalui voting.Sebagian besar peserta menyetujui sistem kepemimpinan MD KAHMI Parepare adalah presidensial.
Steering akhirnya memutuskan calon tunggal Rahmat Sjamsu Alam, dan peserta memilih secara aklamasi sebagai Ketua MD KAHMI Parepare periode 2022/2027.

Rahmat Sjamsu Alam dalam sambutannya menyatakan akan membesarkan KAHMI Parepare bersama seluruh kader HMI. "Sekarang bukan saatnya lagi mempertentangkan sistem presidensial atau presidium, tetapi bagaimana kita bersama sama membesarkan KAHMI Parepare,"kata Wakil Ketua DPRD Parepare ini.

Rahmat mengajak seluruh kader HMI untuk bergandengan tangan dan kompak untuk memajukan organisasi."Musda sudah selesai dan saatnya berlari kencang untuk melaksanakan amanah Musda," pungkasnya.
Usai penetapan Rahmat sebagai Ketua MD KAHMI, peserta kemudian silih berganti menyampaikan selamat."Inilah yang membedakan KAHMI, dengan organisasi lain, meski kita berdebat  dan adu argumen di ruangan karena beda pendapat tetapi setelah itu kita berangkulan dan semua cair," kata Wanhat KAHMI Drs Nur Azis Talib.

Sebelum Musda didahulu dialog publik dengan tema reaktualisasi nilai dasar perjuangan HMI-KAHMI melawan oligarki. Dialog publik menghadirkan anggota DPD RI Ir Tamsil Linrung, Prof Dr Abdul Madjid Sallatu dan keynotespeaker Ir Lanyalla Mahmud Mattalitti diikuti ratusan undangan.(*)

  • Bagikan