Unik, Upacara HUT RI di Atas Laut di Polman

  • Bagikan

POLMAN, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam memperingati dan menyemarakkan Hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77, berbagai cara di lakukan oleh masyarakat Indonesia salah satunya yaitu Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI. Di Kabupaten Polman dilaksanakan di atas permukaan laut, Rabu, 17 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilakukan oleh Komunitas Littoral yang menggelar upacara HUT Kemerdekaan diatas permukaan laut bertempat di lingkungan Kampung baru kelurahan Lantora kecamatan Polewali yang di rangkaikan dengan Festival Merdeka III dengan tema "Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat dan berkarya lebih hebat".

Semarak perayaan ini di sambut antusias masyarakat Lantora yang secara khidmat mengikuti proses kegiatan.

Setelah Upacara, dilanjutkan dengan Perayaan perahu hias nelayan mengelilingi rute yang telah ditentukan panitia, yang berada di sekitar pantai kampung Baru Lantora.

Koordinator acara Farid mengatakan festival merdeka III Littoral ini, melibatkan seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan.

Ia menuturkan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas melimpahnya rumput laut sebagai sumber daya manusia dan sebagai salah satu mata pencaharian warga yang berada disini.

"Tentunya kami selaku pemuda mencoba menyalurkan bentuk rasa syukur dalam bentuk pengibaran bendera merah putih sekaligus pawai perahu hias," Terangnya.

Farid menyebut dalam kegiatan ini diikuti 15 perahu hias dan ada 6 perahu menarik lainnya. Ia juga mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan ini melibatkan masyarakat mulai dari anak - anak hingga para orang tua.

Farid berharap semoga kedepannya kekompakan masyarakat kampung Baru tetap terjaga dan mendapat perhatian dari pemerintah.

Sukarni salah satu warga setempat mengatakan kegiatan perayaan yang dilakukan Komunitas Pemuda Littoral bersama masyarakat ini, sangat unik dan sangat layak mendapat apresiasi, menurutnya kegiatan ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat pesisir pantai lainnya baik yang berada di Polewali mandar maupun bagi warga pesisir di daerah lain. (Win)

  • Bagikan