Dua Legislator Golkar Sulsel akan Sosialisasi Perda RTRW Provinsi di Parepare

  • Bagikan

Ist. Ketua Golkar Sulsel bersama Sofyan Syam dan Rahman Pina dalam sebuah kegiatan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dua anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi Golkar yakni H Sofyan Syam SE MSi dan Rahman Pina SIP MSi akan melaksanakan kegiatan penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) di Kota Parepare.

Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulsel Tahun 2022- 2041 yang telah terbit. Perda tersebut menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan yang lebih tertata di provinsi Sulawesi Selatan. Bahkan, Perda RTRW ini menjadi yang pertama di Indonesia, terintegrasi dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Hal itu diungkapkan Tenaga Ahli Anggota DPRD Sulsel, Muhammad Yahya saat berkunjung ke Kota Parepare. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan, Sabtu 10 September 2022 di Gedung Aisyiah Kelurahan Ujung Lare, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. "Iya, rencananya pak Sofyan Syam dan Rahman Pina akan melaksanakan kegiatan penyebarluasan Perda RTRW tersebut,"jelasnya.

Untuk peserta kegiatan, akan diikuti dari kalangan mahasiswa serta sejumlah pihak terkait. "Kita berkolaborasi dengan Ketua Bappilu Golkar Kota Parepare, guna menyukseskan kegiatan tersebut," katanya. Ketua Bappilu DPD II Golkar Kota Parepare, Fadly Agus Mante mengakui adanya agenda kegiatan tersebut.

Perda RTRW ini, kata Ketua MPC Pemuda Pancasila yang akrab disapa Awwing, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya,
Perda RTRW tersebut menjadi acuan dalam mengimplementasikan tata ruang untuk pelaksanaan pembangunan dan menjadi dasar acuan dari diterbitkannya dokumen perizinan terkait bangunan.

Selain itu, RTRW ini menjadi acuan dalam pemetaan wilayah dan terintegrasi dengan sistem perizinan. Dalam Perda tersebut, mencakup struktur ruang berupa pusat kegiatan dan jaringan infrastruktur serta pola ruang berupa kawasan lindung, permukiman, kehutanan, kelautan, pertambangan, pertanian dan lingkungan. " Untuk kegiatan tersebut akan dihadiri ratusan peserta, dan akan menghadirkan narasumber yakni Plt Kadis PUPR," tutupnya.(*)

  • Bagikan