Harhubnas 2022, 4 Ton Sampah Diangkut dari Gerakan Bersih Pantai di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Gerakan bersih pantai yang diinisiasi
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare bersama PT Pelindo , dinas dan instansi terkait berhasil mengangkut 4 ton sampah.

Gerakan yang dilaksanakan dalam menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022, Jumat 16 September, menyasar tiga wilayah pelabuhan yakni Lontangge, Cappa Ujung dan Nusantara dengan melibatkan 400 orang lebih.

Selain gerakan bersih pantai, kegiatan tersebut juga diwarnai pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga sekitar pelabuhan dengan mengandeng pihak Jasa Raharja. Kepala KSOP Kelas III Parepare, Shaiful Horry SH MH menuturkan suksesnya kegiatan yang dilaksanakan tak lepas dari dukungan semua pihak, mulai dari Pelindo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan serta stakeholder dan mitra.

"Dengan kegiatan ini kita berharap bis menjadi edukasi bagi masyarakat agar menjaga kebersihan dilingkungan maritim khususnya, dan sekitar area pelabuhan parepare. Dan memberi dampak dari penyelamatan lingkungan dan ekosistem di wilayah pesisir pantai,"jelasnya.

Terpisah, Kadis Lingkungan Hidup Kota Parepare, Budi Rusdi menuturkan dari gerakan bersih pantai sebanyak 4 ton sampah berhasil diangkut ke tempat pembuangan akhir. Sumber pencemaran pesisir dan laut tersebut tidak saja bersumber dari daratan, tetapi terdapat juga yang bersumber dari lautan.

Sampah plastik di lautan misalnya sekitar 20% berasal dari sektor pelayaran dan perikanan. " Kita berharap dengan kegiatan ini semua pihak tanpa terkecuali, perlu bersinergi dan memiliki kepekaan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya,"singkatnya.

Gerakan bersih pantai itu dihadiri Kepala KSOP, GM Pelindo, Kadis Perhubungan, Kadis Lingkungan Hidup, Kapolsek KPN, Jasa Raharja dan warga sekitar pelabuhan.(*)

  • Bagikan