Hadiri Wisuda, Pangerang Rahim: Lulusan UMPAR  Dapat  Sumbangkan Ilmu Pengetahuan di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim menghadiri Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana (SI), Megister (S2) dan Doktor (S3) ke-XXXIV Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) di Lapangan KH Sanusi Maggu UMPAR pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Pangerang Rahim mengatakan, rapat senat terbuka ini merupakan hari kebahagiaan bagi semua calon wisuda, karena merupakan hari keberhasilan bagi mereka yang telah menyelesaikan studinya pada program Sarjana, Magister dan Doktor di Kampus UMPAR. 

"Itu dilihat dari kebahagiaan pada wajah orangtua dan keluarga yang turut menyaksikan pelaksanaan rapat senat terbuka. Kami atas nama Pemkot Parepare mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan- wisudawati, atas keberhasilannya," kata Pangerang Rahim. 

Dia mengungkapkan, wisuda ini,  patut di syukuri oleh semua pihak, dengan harapan para wisudawan dan wisudawati yang dikukuhkan dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan mereka dalam mengisi pembangunan, khususnya di wilayah Kota Parepare, serta umumnya terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita semua menyadari, dunia pendidikan di Kota Parepare saat ini sudah mengalami kemajuan jika dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun yang lalu. Di  Parepare sudah berdiri beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta," jelasnya.

Lebih lanjut, H Pangerang Rahim menyampaikan, Parepare adalah kota kelahiran BJ Habibie, dan telah hadir Institut perguruan tinggi negeri yaitu Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) 

"Kondisi seperti ini telah membawa dampak positif, di mana kualitas sumber daya manusia Kota Parepare yang mulia dan berkarakter keimanan kepada Allah SWT meningkat," ungkapnya. 

Dia pun mengungkapkan, beberapa tahun yang akan datang, kepemimpinan nanti akan dipegang oleh para wisudawan-wisudawati ini. 

"Merekalah yang akan menjadi pemimpin di negeri ini yang akan menggantikan kita semua. Generasi muda yang berkualitas adalah mereka yang mengisi pada usia mudanya dengan menuntut ilmu," ungkapnya. 

Dia berpesan, kepada para wisudawan-wisudawati, tantangan ke depan telah menunggu, dan hendaknya tantangan itu tidak dijadikan suatu penghambat untuk lebih maju. Namun jadikanlah sebagai suatu peluang untuk berkarya.

"Pemerintah sangat membutuhkan tangan-tangan terampil para lulusan universitas. Mengingat kesempatan lowongan kerja dari pemerintah sangat minim, untuk itu kami mengharapkan lulusan supaya dapat berdikari, mandiri, dan membuka lowongan pekerjaan untuk meraih masa depan yang lebih baik," jelasnya. 

Pangerang Rahim, berharap para lulusan UMPAR dapat menjadi generasi yang potensial baik dari segi ilmu pengetahuan, maupun keimanannya yang kokoh kepada Allah SWT.

 Kata dia, kepada seluruh yang diwisuda selamat berkarya dan sukses semua.

"Berharap kepada para wisudawan dan wisudawati dari UMPAR mampu untuk tampil sebagai sumberdaya manusia yang siap mengelola, dan memanfaatkan potensi yang kita miliki, termasuk bagaimana kemampuan kita mengelola dan memanfaatkan potensi agar memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, dan bahkan di tingkat global," harapanya. 

Untuk itu, Pangerang Rahim menambahkan wisuda ini kiranya menjadi energi positif bagi lahirnya generasi harapan dan generasi impian, yaitu generasi yang unggul secara intelektual, spiritual, dan berbekal keahlian yang dapat diandalkan.

"Mari kita terus bergerak, berkreasi dan selalu optimis, untuk membangun pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Berkualitas secara penyelenggaraan dan berkualitas dari segi lulusan," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan