Bupati Barru Hadiri Prosesi Mappalili di Nepo

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kegiatan Mappalili merupakan acara ritual masyarakat Bugis Kabupaten Barru yang sudah menjadi tradisi setiap memulai turun sawah.

Hal ini diungkapkan Bupati Barru Suardi Saleh saat menghadiri prosesi memulai turun sawah atau Mappalili MT 2022/2023 dan MT 2023 tingkat Kecamatan Mallusetasi, di Desa Nepo. Rabu (14/11/2022)

Dikatakan Bupati, Mappalili juga memiliki sesuatu yang menggambarkan karakteristik dari masyarakat Barru sepenuhnya. Pada pelaksanaan pembangunan upacara Mappalili di setiap Kecamatan masih menggunakan beberapa peralatan yang digunakan sejak beberapa tahun lalu.

"Penggunaan peralatan harus melalui ritual adat yang melibatkan leade kustom, sosialita, dan beberapa pemerintah. Oleh karena itu, aktivitas upacara Mappalili di setiap kecamatan dapat berbeda sesuai dengan waktu dan jenis ritual pelaksanaannya"jelasnya.

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh mengapresiasi atas segala kerja keras para petani. Menurutnya Mappalili ini tidak hanya seremonial saja tetapi lebih untuk mengoptimalkan produktivitas pertanian.

Secara tegas Bupati menyampaikan komitmen bahwa kegiatan mappalili ini adalah kesepakatan antara para petani, baik turun sawah, varietas yang mau di tanam, dan waktu panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Barru Ir. Ahmad, MM melaporkan, produksi pertanian yang dimiliki saat ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Khusus Desa Nepo kata Ahmad menyampaikan produksi pangan kita tidak perlu dirubah pola tanamnya.

"Masa tanam kita, yang mungkin bisanya kita menanam berdasarkan waktu masuknya musim penghujan, sekarang kita bisa lakukan masa tanam lebih awal, dan kita bisa laksanakan penanaman bisa 3 kali dalam satu tahun dan jangan lupa pilih varietas benih yang tahan air, sehingga tanaman padi kita bisa tumbuh dengan baik," Pungkasnya.

Kepala Desa Nepo Mamma Husain mengatakan bahwa acara mappalili ini adalah hasil budaya turun temurun dari nenek moyang kita, dan harus kita lestarikan.

"Mappalili menampakkan kebersamaan dan kegotongroyongan antara para kelompok tani, toko masyarakat, dimana para petani kita sudah moderen", kata Kades dua priode ini.

Mappalili tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir. Ahmad, MM, Danramil 1405 Mallusetasi Capten Muhammad Sadar , Kapolsek Mallusetasi Iptu Manuri, Camat Mallusetasi Drs. H.Nompo Nasruan, Kepala Desa Nepo Mamma Husain Bhabinsa Desa Nepo, Bhabinkamtibmas Desa Nepo dan anggota PPL Pertanian Kec. Mallusetasi.

(Humas IKP)

  • Bagikan