Sampai Timbulkan Percikan Api, Kabel Jaringan Listrik Putus di Dekat Kantor Wali Kota

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kabel  jaringan listrik yang terkoneksi langsung trafo sempat timbulkan percikan api di belakang Pos Satpam Kantor Wali Kota Parepare, Jalan Jenderal Sudirman,  Kelurahan Bumi Harapan,  Kecamatan Bacukiki Barat. 

Peristiwa itu, diperkirakan terjadi pukul 09.15 Wita,  Senin, 2 Januari 2023. 

Informasi yang diperoleh PAREPOS.FAJAR.CO.ID dari sejumlah saksi di lokasi mengungkapkan, sebelum kabel itu putus sampat menimbulkan percikan api. 

Karena dikhawatirkan menyebabkan kebakaran,  apalagi posisi kabel yang diduga korsleting.  Maka langsung dihubungi Dinas Pemadam Kebakaran untuk melakukan antisipasi sedini mungkin. 

Sebanyak tujuh armada Dinas Pemadam Kebekaran pun dikerahkan ke lokask kejadian yang tak jauh dari Kantor Wali Kota. 

Tampak Kepala Dinas Pemadam kebarakan ( Damkar) Kota Parepare,  Abdul Waris,  Kabid Penanggulangan dan Evakuasi Dinas Damkar,  Syafruddin Sjam dan personel Damkar sigap melakukan antisipasi di lokasi kejadian. 

Tim Damkar pun langsung mengecek kabel yang putus dan titik tempat kabel itu untuk memastikan tidak adanya api yang menyala tepat dibelakang pos pengamanan Kantor Wali Kota. 

Peristiwa ini juga menyebabkan aliran listrik ke beberapa ruang Kantor Wali Kota padam. 

Kabid Penanggulangan dan Evakuasi Dinas Damkar Parepare,  Syafruddin Sjam mengatakan,  pihaknya menerima laporan dari satpam yang bertugas di Kantor Wali Kota terkait kejadian itu.

"Kami terima laporan dari seorang satpam dari Kantor Wali Kota adanya percikan api dari jaringan kabel, sehingga kami turun dengan mengerahkan aramda untuk melakukan evakuasi di lokasi kejadian, "  katanya. 

Dia menyebutkan,  percikan api itu timbul karena terjadi korsleting,  sehingga menimbulkan panas dan menyebabkan kabel itu putus dan melintas di badan jalan.  

"Tim kita juga langsung mengevakuasi adanya kabel melintang di badan jalan dengan mengalihkan arus kendaraan yang dibekap personel Dishub," bebernya. 

Dia menegaskan,  beruntung dalam kejadian itu tidak menyebabkan kebakaran dengan melihat kondisi kabel yang putus merupakan kabel induk yang terkoneksi langsung dengan trafo. "Untuk sementara kondisi terkendali, " jelasnya. 

Tak hanya tim Damkar,  Kepala UPTD PJU Dinas PUPR Kota Parepare, Burhanuddin juga langsung beregerk ke lokasi untuk memeriksa kabel jaringan listrik yang putus itu.

"Kemungkinan putusnya kabel jaringan itu karena korsleting. Apalagi melihat lapian bagian bagian kabel yang putus itu,  ada beberapa yang sudah bocor, " jelas Burhanuddin. 

Ia pun telah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan upaya mengantisipasi kejadian itu,  dengan mengamankan kabel yang melintang dI badan jalan yang menghalangi arus kendaraan melintas.

Ia pun menyarankan agar kabel jaringan laiinnya untuk dicek, dan dilakukan pergantian untuk mengatisipasi dini kejadian serupa.  "Sebaiknya kabel jaringan yang tidak putus idelanya dicek juga untuk antisipasi dini, " harapnya.

Ia menjelaskan,   ada beberap faktor dapat menyebabkan kejadian seperti itu. Bisa karena dahan pohon dengan kabel terjadi gesekan sehinggan menimbulkan panas. " Kalau secara kasak mata, kabel itu korsleting dan putus, " jelasnya. 

Tak menunggu lama, petugas UP3 PLN Parepare berjumlah dua orang pun ke lokasi untuk mengevakuasi kabel putus yang melintang di jalan untuk memberikan kelancaran arus kendaraan.  (*)

  • Bagikan

Exit mobile version