Besok, Piala Adipura Diarak Keliling Kota Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Usai  menerima penghargaan Piala Adipura 2022 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023. 

Wali Kota Parepare,  Taufan Pawe (TP)  bersama masyarakat dan SKPD Lingkup Pemkot Parepare akan mengarak Piala Adipura keliling Kota Parepare besok,  Rabu,  1 Maret 2023.

Ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi kepada masyarakat dan petugas kebersihan. Sehingga, Parepare dinobatkan sebagai kota bersih di Indonesia. 

Untuk, rute arak-arakan Piala Adipura. Diawali dengan penjemputan di batas kota, lalu dilanjutkan penerimaan di Jalan Mattirotasi (Kembali nol) dan start di patung kuda, atau di pelataran Masjid Terapung BJ Habibie. 

Lalu diarak menuju Jalan Bau Massepe, Jalan Andi Isa, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Baso Dg Patompo, Jalan Lasinrang, Jalan H A M Arsyad Soreang, Jalan Laupe atau Sektor Soreang, Jalan Lingkar Jenderal Muhammad Yusuf, Jalan Garuda Perumnas, menuju Jalan Lasangga, Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan finish Jalan Lasiming atau Rujab Wali Kota Parepare. 

Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Muh Yusuf Azis saat dihubungi membenarkan, pada Rabu, 1 Maret Pemkot Parepare akan menggelar arak-arakan piala Adipura sekitar pukul 09.00 Wita. Arak-arakan ini, rencananya star di pelataran Masjid BJ Habibie  dan Finish di Rujab Wali Kota Parepare. 

"Arak-arakan ini, kita melibatkan masyarakat Parepare dan SKPD terkait. Bahkan, pada arak-arakan tersebut, DLH akan menurunkan delapan mobil bak terbuka,  yakni truk dan Pickup" kata Yusuf Azis. 

Dia menyebutkan, arak-arakan ini juga diikuti pasukan orange (peesonel kebersihan) DLH yang setiap saat menjaga seluruh lingkungan Parepare tetap terkendali. 

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menerima penghargaan Piala Adipura 2022. 

Penghargaan nasional ini, diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat Kota Parepare yang telah bekerjasama serta berperan dalam menjaga lingkungan. Sehingga Piala Adipura kembali didapatkan.

“Alhamdulillah, kerja-kerja kita, inovasi kita kembali mendapat pengakuan secara nasional. Kali ini karena keberhasilan kita dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan berbuah penghargaan Piala Adipura,” katanya. 

Wali Kota Parepare dua periode menjelaskan, Piala Adipura ini, merupakan penghargaan kelima, selama masa pemerintahannya. 

Taufan Pawe mengharapkan, Piala Adipura ini, dipersembahkan kepada masyarakat Parepare yang telah ikut peduli, dan berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

“Terima kasih, terima kasih semua atas kerja keras ta, DLH, semua SKPD terkait, petugas kebersihan, dan masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Ini bukti telah tercipta kolaborasi dan kerja-kerja terintegrasi antara Pemerintah dengan masyarakat," ujarnya. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,  Siti Nurbaya mengatakan, penghargaan ini patut dikejar kepala daerah. 

Mengingat, Piala Adipura tersebut penanda pemerintah daerah telah berhasil dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Adipura adalah penghargaan kepada kota-kota yang sudah melakukan pekerjaan yang keras dari hulu ke hilir terkait pengelolaan sampah dan juga melakukan pengelolaan TPA dengan baik," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan