Pemkot Parepare Gelar Literasi Awards

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Parepare, Andi Herry Baso Rachim

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Guna memeriahkan HUT ke-63 Kota Parepare. Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare Dinas Perpustakaan (Dispus) Kota Parepare akan menggelar Literasi Awards 2023.

Kegiatan itu, akan berlangsung di pameran pembangunan bertajuk Parepare Fair yang dipusatkan di Alun-alun Lapangan Andi Makkasau. Literasi Award akan dimulai pada Senin, 20 Maret 2023, mendatang.

Plt Kepala Dispus Kota Parepare Arifuddin Idris melalui Sekretaris Dispus Andi Herry Baso Rachim mengatakan, ada tujuh kategori yang akan dinilai melalui Literasi Awards.

Di antaranya, kategori buku fiksi terbaik, buku non fiksi terbaik, penulis terbaik kategori umum, program literasi terinovatif, penulis terbaik kategori guru dan dosen, penulis terbaik kategori pelajar dan mahasiswa dan komunitas literasi teraktif.

"Untuk persyaratan, buku atau tulisannya memuat konten lokal Parepare, baik dalam secara kepengarangan, penerbitan, atau isi bacaan. Buku yang diikutsertakan disetor di ruangan Bidang Pengembangan Dinas Perpustakaan Parepare. Termasuk buku yang ditulis diperuntukkan bagi masyarakat secara luas," katanya.

Dia menjelaskan, Literasi Awards 2023 ini sebagai bentuk apresiasi Dispus Kota Parepare kepada pihak yang berkontribusi terhadap perkembangan literasi. Ini juga adalah bagian dari amanat Perundang-undangan Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

"Bagi keluarga besar Dinas Perpustakaan Kota Parepare, amanat tersebut tidak boleh dibiarkan sekadar berkutat dalam cerita dan wacana. Namun, mesti dibuktikan perwujudannya lewat program dan kerja-kerja nyata. Dengan begitu, upaya untuk membangun ekosistem literasi di tubuh Kota Parepare tidak akan berujung sia-sia," jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut tidak terbatas untuk umum. Artinya, siapapun boleh ikut serta dalam menyemarakan puncak HUT ke-63 Kota Parepare.

"Kami tidak membatasi jumlah peserta. Kalau bisa sebanyak-banyaknya untuk memeriahkan hari ulang tahun Parepare," ujarnya.

Dia mengungkapkan, bagi peserta yang ingin berpartisipasi bisa langsung datang di Kantor Dispus atau tenan Dispus di Parepare Fair 2023.

"Kita membuka pendaftaran, lewat tenan Dinas Perpustakaan Kota Parepare di pameran Parepare Fair," tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan

Exit mobile version