Pemkot Parepare Sambut Tim Puslatbang KMP LAN

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Puslatbang KMP LAN RI Makassar mengutus tim ke Kota Parepare. Mereka ditugaskan untuk melakukan verifikasi lapangan (verlap)terhadap penilian lomba inovasi yang diikuti sejumlah SKPD, UPTD dan kelurahan tingkat Kota Parepare.

Tim Puslatbang KMP LAN pun menyasar satu per satu SKPD yang dinyatakan lolos verifikasi lapangan lomba inovasi tingkat Kota Parepare tahun 2023.
Seperti di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, tim melakukan verifikasi lapangan terkait Inovasi Sistem Informasi Layanan Peduli, Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan (SILPA).

Tim juga melakukan verfak Inovasi Super Peduli milik BKPSDMD Kota Parepare, dan lainnya yang jumlah ada 15 inovasi yang lolos tahap wawancara dan persentasi di Makassar, beberapa hari lalu.

Tim Penilai Inovasi LAN Makassar Erman Fahruddin saat ditemui di sela verlap
Inovasi 'Kantor Dewiku' atau Destinasi Wisataku di Disporapar sore kemarin, mengatakan dirinya bersama rombongan lainnya ke Parepare untuk melakukan verifikasi lapangan dalam penilaian lomba inovasi tingkat Kota Parepare tahun 2023.

Erman Fahruddin bersama rekannya disambut Kepala Disporapar, Amarun Agung Hamka bersama jajaran Disporapar.

"Momen ini, kami gunakan untuk mengecek secara langsung. Akurasi atau validitas yang ada di lapangan, apakah yang mereka sampaikan pada saat presentasi itu sesuai faktual di lapangan," katanya.

Dia mencontohkan di Kantor Dewiku atau Destinasi Wisataku, pihaknya turun untuk mengecek semua untuk melihat faktual di lapangan. Dari verifikasi itu, tim penilai Inovasi LAN Makassar melihat apa yang telah di presentasikan Disporapar Kota Parepare saat di Makassar.

"Apa yang telah disampaikan Dinas Pariwisata Parepare pada saat presentasi di Makassar. Untuk menjadikan kantor itu sebagai destinasi wisata, sesuai faktanya," ungkapnya.

Bahkan kata dia, dengan melihat suasana Kantor Disporapar Parepare, Erman Fahruddin menyakini jajaran Disporapar sangat menikmati keberadaan kantor seperti ini, yang seakan-akan keseharian ASN dapat berwisata dengan secara tidak langsung.

"Kami melihat ada gazebo, kemudian ada videotron untuk nonton bersama. Bahkan ada tempat untuk event berkarya bagi pemuda-pemuda kreatif yang dilengkapi dengan ketersediaan jajanan dari UMKM yang dimanfaatkan oleh instansi ini," jelasnya.

Dia menambahkan, termasuk Disporapar Parepare juga menyediakan tempat berdiskusi yang santai yang berada di luar ruangan. Tidak lagi menggunakan ruang rapat yang tertutup.

Dia memuji Kantor Disporapar Kota Parepare dapat dijadikan inspirasi bagi kantor pemerintah dan lainnya. Karena, dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

"Bisa dibuat sedemikian menarik dari paduan warna-warni dan dengan visualisasi pemandangan yang menarik. Sebenarnya, kantor seperti ini dibutuhkan sekarang dengan pemandangan yang indah," harapnya.

Dia menjelaskan, setelah verifikasi lapangan, pihaknya akan berdiskusi dengan tim penilai dari LAN Makassar untuk mengakumulasi semua terkait yang menjadi hasil penilaian. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan