Pemkot Parepare Terus Pantau Pergerakan Bahan Pokok Jelang Ramadan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Harga bahan pokok jelang ramadan terus menanjak. Pantauan PARE POS di Pasar Lakessi Rabu, 15 Maret 2023, beberapa harga komoditas naik.

Cabai kecil biasanya dijual Rp45 ribu perkilogram (Kg), naik menjadi Rp60 per-Kg. Lalu Cabai Keriting awalnya dijual Rp25 ribu per-Kg naik menjadi Rp45 ribu per-Kg. Begitu pun komiditas Tomat juga naik dari Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu serta Bawang Putih semula dijual Rp25 ribu per-Kg menjadi Rp30 ribu per-Kg.

Hal itu diungkap Nur Fiah, pedagang sembako di Pasar Lakessi, Parepare saat ditemui, kemarin. Ia mengatakan, harga beberapa komoditas ini, naik jelang ramadan. "Beberapa hari terakhir ini jelang ramada, ada beberapa bahan pokok yang mengalami lonjakan harga," katanya.

Dirinya mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan naiknya beberapa harga komoditas bahan pokok. "Jadi kita juga sebagai penjual tidak bisa apa-apa kalau harga ditangan sebelumnya mahal, tentu kami juga akan naikkan harganya," katanya.

Bagi Fiah, kondisi serupa memang selalu terjadi ketika akan memasuki bulan puasa. Sebab, salah satu penyebab karena kebutuhan masyarakat ikut meningkat.

"Wajar, karena sudah mau puasa jadi naik beberapa harga bahan pokok," bebernya.

Senanda juga diungkapkan Kahar, pedagan sembako di Pasar Lakessi. Kahar mengatakan, biasanya juga kenaikan harga ini dipengaruhi faktor cuaca. "Kalau musim hujan sampai banjir pasti harga bahan pokok naik," jelasnya

Kendati demikian, Pemkot Parepare melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare terus mengawasi pergerakan bahan pokok jelang Ramadan. Bahkan, Disdag mengklaim harga bahan pokok jelang ramadan masih terkendali dan stabil.

"Untuk harga sembako saat ini masih variatif. Bahkan secara umum terkendali dan stabil karena masih di bawah harga eceran tertinggi," tegas Kepala Disdag Kota Parepare, Prasetyo Catur, Rabu, 15 Maret 2023.

Guna mengantisipasi kenaikan hara bahan pokok di Parepare, Disdag akan menggelar pasar murah dengan menyiapkan sembako murah pada kegiatan pameran Parepare Fair di Alun-alun Lapangan Andi Makassau.

“Insya Allah, kami siapkan sembako murah di pameran, dan semua kecamatan stok terjamin. Untuk harga Insya Allah kami kendalikan,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya menekan harga komoditi di bulan suci ramadan. Apalagi, biasa di momen seperti itu daya beli masyarakat meningkat. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan