JCH Parepare Ada Berusia 102 Tahun

  • Bagikan
Kantor Kemenag Parepare saat melaksanakan bimbingan manasik haji.

PAREPARE, PARE POS-- Sebanyak 120 jemaah calon haji (JCH) Kota Parepare mengikuti manasik haji. Dari 120 JCH itu, empat di antaranya tercatat empat lanjut usia. Bahkan ada JCH Parepare yang telah berusia 102 tahun.

Seluruh JCH di Kota Parepare telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). Hal itu ditegaskan Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, Syaiful Mahsan yang dihubungi Selasa, 9 Mei 2023.

"Alhamdulillah, pelunasan Bipih sudah 100 persen. Dan Parepare pertama di Sulsel yang melunasi Bipih," ungkap Syaiful Mahsan.

Kota Parepare mendapatkan kuota sebanyak 120 calon jemaah haji untuk pemberangkatan tahun ini. Apalagi, para jemaah haji Parepare sementara mengikuti manasik haji yang dilaksanakan Kantor Kemenag Parepare.

Meski, telah melunasi semua biaya perjalannya haji, Kemenag Parepare belum menerima jadwal keberangkatan JCH. "Untuk penentuan keberangkatan JCH Parepare belum ada," ujarnya.

Dia menyebutkan, sebelumnya penentuan keberangkatan JCH akan diumumkan pada tanggal 5 Mei 2023, lalu. itu jika semua CJH di daerah telah melakukan pelunasan. Namun, hingga tanggal 5 Mei masih ada CJH di daerah lain yang belum melunasi Bapih-nya, sehingga proses pelunasan diperpanjang hingga 12 Mei 2023.

"Informasinya, masih ada sekitar 500 jemaah di Sulsel yang masih melakukan konfirmasi pelunasan Bipih. Sedangkan se-Indonesia, masih ada sekitar 14.356 jemaah, sehingga prosesnya diperpanjang hingga 12 Mei 2023. Jadi kemungkinan setelah seluruh jemaah dinyatakan lunas, baru dilakukan penentuan kelompok terbang atau kloter. Termasuk penentuan kloter jemaah haji Parepare dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulsel," katanya.

" Apakah Parepare masuk kloter pertama seperti tahun sebelumnya. Karena, di tahun sebelumnya, Parepare adalah daerah yang pertama melakukan pelunasan sehingga masuk kloter pertama," sambungnya.

Dia juga menegaskan, dokumen JCH Parepare sudah rampung, termasuk paspor, visa dan pelunasan Bipih.

"Semua dokumen sudah rampung 100 persen, seperti tahun lalu Parepare tercepat selesai administrasinya. Mulai dari paspor, bukti pelunasan, biometrik visa. Tinggal menunggu terbitnya visa dan jadwal keberangkatan. Karena bapak Kepala Kemenag Parepare selalu mendorong kami agar semua administrasi jemaah bisa secepat mungkin Apalagi, kata dia, Parepare yang pertama di Sulsel pelunasan Bipih 100 persen.

"Kita berharap kita dapat kloter pertama. Sehingga kalau nanti kita mendapatkan kloter pertama, maka di tanggal 23 Mei 2023 JCH kami sudah berada di Asrama Sudiang Makassar dan rencananya akan dilepas oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe. Dan tanggal 24 Mei akan terbang menuju Madinah," harapnya.

Dia pun menyebutkan, usia paling tua calon jemaah haji Parepare yang akan berangkat berusia 102 tahun, empat orang diantaranya lanjut usia yaitu 80 tahun ke atas, dan sisanya usia 20 hingga usia 50 tahun.

"Adapun calon jemaah haji yang berangkat tahun ini telah mendaftar sejak tahun antara tahun 2009 dan 2010, menunggu 13 tahun lamanya baru berangkat tahun 2023 ini," ungkapnya.

Sementara itu, CJH Parepare, Maryam (64), saat mengikuti bimbingan manasik haji menyampaikan rasa syukur karena telah berkesempatan berangkat menjalankan ibadah haji di tahun 2023 ini.

"Saya telah mendaftar tahun 2010 dan baru keluar nomor kursi di tahun 2020, menunggu 13 tahun lamanya baru berangkat tahun 2023 ini, " tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan

Exit mobile version