Serunya Latihan Keterampilan Bela Negara OSIS SMA se-Provinsi Jateng

  • Bagikan

MAGELANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Ketrampilan dasar bela negara berupa outbound yang merupakan bagian dari materi Diklat Bela Negara OSIS SMA se-Provinsi Jateng 2023, dilaksanakan di Lapangan Outbound Komplek SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang, Juamt 12 Mei 2023.

Materi outbound yang dilaksanakan antara lain ketangkasan dan permainan meliputi, traffic jam, bintang piramid, pembebasan tawanan, lompat jingkat dan merayap, moving ball, rayapan tali satu dan titian bambu.

Lalu penjinak bom, jaring laba laba, jembatan tali dua, jaring pendarat, jembatan tali tiga, rappeling, tebak tokoh, magic stick.

Kegiatan dibimibing pelatih dari Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI serta pelatih dari sekolah Taruna Nusantara, diikuti oleh peserta diklat sebanyak 500 orang yang dibagi dalam 16 kelompok. Tampak suasana seru, cemas, antusias, tegang dan keseriusan peserta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan outbound sendiri akan memberikan manfaat bagi siswa SMA antara lain, meningkatkan aktualisasi diri sehingga memberikan kontribusi positip bagi kemajuan organisasi. Selain itu, menumbuhkan jiwa leadership bagi siswa yang selama ini belum tampak.

Kemudian melatih kerjasama tim, melatih kemampuan analisa dan pola pikir, meningkatkan kemampuan dan kedewasaan serta menumbuhkan arti penting kebersamaan.

Terkait kegiatan itu, Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia menyampaikan, itu merupakan implementasi UUD 1945 pasal 27 ayat 3 UUD Negara 1945 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan realisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dengan koridor 4 konsensus berbangsa bernegara: Pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bineka Tunggal Ika. (*)

  • Bagikan