Taufan Pawe Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejujuran Surveyor

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID– Wali Kota Parepare Taufan Pawe membuka Vokasi Surveyor Kadaster melalui Pelatihan Tenaga Pertanahan Non PNS Berbasis Kompetensi pada Kantor Pertanahan Kota Parepare di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 8 Mei 2023.

Hadir Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Wali Kota mengapresiasi terselenggaranya kegiatan vokasi Surveyor Kadaster yang dilaksanakanoleh Kantor Pertanahan Kota Parepare. "Kegiatan ini, akan memberikan impact positif bagi program-program pelayanan masyarakat khususnya di bidang pertanahan," kata Taufan Pawe.

Wali Kota mengatakan dampak positif yang dapat dirasakan dengan hadirnya Surveyor Kadaster adalah, strategi pemerintah di bidang agraria akan lebih mudah dan lebih cepat mencapai target.

Menurutnya, salah satu dari strategi pemerintah pusat dalam mewujudkan tanah menjadi sumber keadilan dan kemakmuran yaitu dengan melaksanakan program strategis percepatan pendaftaran tanah.

“Pencapaian target sesuai dengan waktu yang ditetapkan perlu didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia dan peralatan. Permasalahan klasik yaitu kurangnya tenaga teknis/surveyor kadaster (petugas ukur) yang tidak pernah mendapatkan solusi berpotensi menimbulkan masalah baru, di antaranya keterlambatan penyelesaian target pengukuran dan pemetaan pada kegiatan strategi, demikian juga pelayanan pengukuran dan pemetaan pada permohonan rutin masyarakat,” jelas Taufan Pawe.

Karena itu, kata Wali Kota, dengan dilaksanakannya pelatihan tenaga pertanahan Non PNS (Surveyor Kadaster) ini akan menjadi solusi terhadap permasalahan pengukuran tanah di kalangan masyarakat, khususnya di Kota Parepare, sehingga sengketa atau konflik pertanahan yang sering terjadi dapat diminimalisir.

Wali Kota mengungkapkan dampak positif kedua yang dapat dirasakan karena adanya program perekrutan Surveyor Kadaster tersebut adalah perluasan lapangan kerja khususnya di Kota Parepare.

“Saya berharap semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas SDM peserta, sehingga dapat menunjang kompetensinya sebagai tenaga surveyor kadaster yang handal. Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin dan semakin baik pelaksanaannya sehingga menjadi daya dorong bahkan sumber inspirasi bagi lembaga lain,” tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan