DKP Sulsel Tingkatkan Kesadaran Pemuda Ajatappareng, Beri Dorongan Menjaga Ekosistem Laut

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID --
Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui kantor cabang dinas kelautan (CDK) Ajatappareng menggelar temu Pemuda Cinta Bahari Anti Bom dan Bius Ikan atau "Pacarita", di Dusun Lojie Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sabtu, 9 Desember 2023.

Bertujuan untuk mendorong pemuda khususnya di wilayah Ajatappareng demi menjaga ekosistem laut dari aktivitas penangkapan ikan yang merusak. Utamanya, penggunaan bom dan bius ikan, sesuai nama kegiatannya temu "Pacarita".

Kegiatan itu, menghadirkan Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut DPK Sulsel, Abdul Muas, Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pinrang, Letda Moch H Tameng, perwakilan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, Munandar Jakasukamana dan pemerhati lingkungan Lima Putra Pesisir, Kabupaten Pinrang, Firmasyah sebagai narasumber.

Kepala CDK Ajatappareng, Sukmawati Gaffar berharap melalui kegiatan dapat meningkatkan kesadaran dan motivasi pemuda Ajatappareng khususnya di Kabupaten Barru untuk menjaga ekosistem laut.

"Kami berharap output dari kegiatan ini, pemuda Ajatappareng semakin mencintai laut serta aktif melakukan aksi dan saling bekerja sama untuk menjaga dan merehabilitasi ekosistem laut," katanya.

Dia menjelaskan, Pacarita ini merupakan inovasi DKP Sulsel yang telah memenangkan lomba inovasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat Sulsel yang merupakan inovasi dari CDK Pangkep.

"Inovasi Pacarita kemudian direplikasi oleh beberapa CDK Ajatappareng dan CDK yang lain untuk digalakkan di wilayah kerja masing-masing," tandasnya. (has)

  • Bagikan