Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNM PKM Terpadu di SMKN 5 Bulukumba

  • Bagikan

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO..ID -- Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara terpadu di Kabupaten Bulukumba, terpusat di SMK Negeri Bulukumba, Kamis, 16 Mei 2024.

Dalam pembukaan PKM terpadu ini, Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Prof Dr Ir Samnur, S.T., M.T., IPM mengungkapkan, kegiatan PKM merupakan kegiatan wajib bagi setiap dosen.

Menurutnya, kegiatan itu sebagai bentuk pengabdian bagi masyarakat serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan hasil penelitian dosen yang telah dilaksanakan. Kegiatan ini adalah awal dari kegiatan yang dapat dilanjutkan berikutnya.

"Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi guru, siswa, dan warga di sekitar SMK Negeri 5 Bulukumba dan dapat dilanjutkan dengan program lainnya di kemudian hari," kata Prof Samnur.

Kepala SMK Negeri 5 Bulukumba, Amirullah, S.S., M.Pd, pihaknya sangat berterima kasih atas kedatangan dan kepercayaan dari dosen pengabdi dari kampus UNM, khususnya dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin yang melaksanakan kegiatan PKM secara terpadu yang dipusatkan di sekolahnya.

Amirullah mengharapkan kegiatan tersebut, bukan untuk kali ini saja, tapi dapat dilanjutkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan lainnya dan terjalin kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak perguruan tinggi.

Dalam pembukaan PKM terpadu tersebut juga dilakukan penandatanganan Implementation of Arranggement Antara pihak sekolah SMK Negeri 5 Bulukumba dengan Pihak Fakultas Teknik UNM.

PKM terpadu ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan pelatihan dan sosialisasi penerapan teknologi.
Kegiatan tersebut antara lain, pelatihan penggunaan alat pengujian tanpa merusak (Non Distructive Test) portable bagi guru SMK Negeri 5 Bulukumba dibawakan Prof Dr Ir Samnur, S.T., M.T., IPM dan Iswahyudi, S.Pd., M.Pd.

Pelatihan Pengelasan dengan Shielded Metal Arc Welding berbasis Kewirausahaan pada siswa SMK Negeri 5 Bulukumba, dibawakan Dr Ir Hamzah Nur, S.Pd, M.Pd., IPP, Ir Ismail Aqsha, S.Pd., M.Pd. IPP, Ir Sudarmanto Jayanegara, S.T., M.T. IPP.

Pelatihan Pengelasan TIG pada Siswa SMK Negeri 5 Bulukumba, dibawakan Dr Ir Djuanda, S.T., M.T dan Ir Baso Riadi Husda, S.Pd., M.Pd. IPP.

Pelatihan pembelajaran berbasis project Rill pada SMK, dilaksanakan Ir Muhammad Hasim, S.Pd., M.Pd., IPP dan Dr Ir A. Muhammad Irfan, S.T, M.T., IPM.

Peningkatan kecerdasan praktis siswa SMK dalam menggunakan alat ukur mekanik, dilaksanakan Dr Nurlaela Latief, M.P dan Aminuddin, S.Pd., M.Pd.

Penerapan parut kelapa semi otomatis pada masyarakat di Kabupaten Bulukumba dilaksanakan Dr Nurlaela Latief, M.P, Aminuddin, S.Pd., M.Pd, dan Ir Muhammad Hasim, S.Pd., M.Pd., IPP.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNM, dalam kegiatan pelatihan ini peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dibuktukan dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi baik memberikan pertanyaan ataupun dalam berdiskusi.

"Sama halnya pada pada peserta kegiatan pelatihan pengelasan bagi siswa SMK Negeri 5 Bulukumba, siswa sangat antusias mengikuti pelatihan pengelasan," ucap Prof Samnur. (**)

  • Bagikan