Siswa SMKN 2 Parepare Upgrade Skill Digital Bareng Prodi Matematika ITH

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID,PAREPAE-- Program Studi Matematika Jurusan Sains Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat-Program Kemitraan (PPM-PK).

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk nyata dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat sekitar, khususnya di bidang Pendidikan yang diselenggarakan di Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Tepatnya di SMK Negeri (SMKN) 2 Parepare, Rabu, 29 Mei 2024. Mengusung tema pelatihan literasi digital yang diikuti oleh 26 siswa.

Di era digital yang kian pesat ini, kemampuan literasi digital menjadi kunci bagi generasi muda untuk berkembang dan beradaptasi.

Sadar akan hal ini, tim PPM-PK ITH tergerak untuk mengambil peran aktif dalam meningkatkan literasi digital para siswa. Melalui kegiatan ini, ITH ingin berkontribusi dalam membentuk generasi digital yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab.

Kegiatan PKM tersebut, diketuai oleh Nurul Fuady Adhalia H., S.Pd., M.Si, yang beranggotakan empat dosen, yakni Rifaldy Atlant Tungga, S.Si., M.Si., Irmayani, S.Si., M.Si., A. Ika Putriani, S.Si., M.Si., dan Abdul Zain, S.T., M.T. Tak hanya dosen ITH, juga melibatkan mahasiswa, yaitu Muhammad Fadhil Nurahmad, Anrian Bin Akkas, dan Dwiki Herlambang.

Dosen yang akrab disapa Nunung, selaku ketua tim mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata ITH dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu masyarakat.

“Melalui kegiatan PKM ini, kami ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di masyarakat. Kami berharap melalui kegiatan ini para siswa dapat menjadi pengguna teknologi yang cerdas dan bertanggung jawab, serta mampu memanfaatkan teknologi demi meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujarnya.

PKM ini, mendapat apresiasi dari Koordinator Program Studi Matematika ITH. Dalam sambutannya, beliau juga turut menyampaikan apresiasi kepada dosen ITH atas komitmennya dalam mendukung kemajuan Kota Parepare melalui PkM.

Ia menjelaskan kegiatan ini, memberikan manfaat besar bagi civitas akademika ITH, antara lain: meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen serta meningkatkan kualitas pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Hal itu, kata dia, sejalan dengan visi misi Kota Parepare untuk menjadi kota tujuan investasi.

“ITH juga mendukung visi misi Kota Parepare ini dengan memberikan dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahunnya bagi para dosen," ungkapnya.

Ia menambahkan dukungan penuh dari ITH menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan kegiatan Tridarma Perguruan Iinggi.

“ITH berkomitmen untuk terus mendukung para civitas akademika dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Kami yakin, PKM ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa,” jelasnya.

Ketua Jurusan Elektronika SMKN 2 Parepare juga turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini di sekolah.

Dia menjelaskan kemampuan literasi digital sangat penting dimiliki para siswanya. “Di era digital ini, kemampuan literasi digital sangat penting untuk membedakan informasi yang benar dan salah, penggunaan internet dengan bijak, dan tentunya membantu para siswa mencari informasi yang akurat dan relevan untuk belajar sehingga meningkatkan kualitas belajar dan prestasi akademik,” tandasnya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan