Lima Kandidat Berebut, Partai Gelora Parepare Penentu Rekomendasi Calon Wali Kota

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Lima bakal calon (Bacalon) Wali Kota Parepare rekomendasi Partai Gelora. Mereka adalah Taqiyuddin Djabbar (TQ), Erna Rasyid Taufan (Erat), Laode Abd Rauf, Tasming Hamid (TSM) dan Asryadi Samad.

Kendati sebelumnya, tercatat tujuh kandidat yang mengambil formulir pendaftaran. Namun, lima kandidat yang mengembalikan hingga batas waktu yang ditentukan.

Kelima kandidat yang mengembalikan formulir ini, telah mengikuti silaturahmi dengan pengurus DPW Partai Gelora Sulsel sebagai rangkaian dari proses tahapan penjaringan calon wali kota.

Meneriknya, DPD Partai Gelora Parepare diberi kewenangan menerbitkan rekomendasi calon wali kota di Pilkada Parepare.

Ketua DPD Partai Gelora Parepare Asy'ari Abdullah mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan tahapan silaturahmi oleh DPW Gelora Sulsel sebagai ganti dari fit and proper test terhadap kelima kandidat itu.

"Tahapan silaturahmi ini, bagian dari proses tahapan penjaringan yang dilakukan DPD Partai Gelora Parepare. Dan itu, sudah selesai dilaksanakan, dan dihadiri lima kandidat di DPW Gelora Sulsel di Kota Makassar," ujar Asy'ari Abdullah didampingi Sekretaris DPD Gelora Parepare Andi Alamsyah dan Ketua Bapilu S. Parman Agoes Mante di Kantor DPD Gelora Parepare, Jumat, 14 Juni 2024, sore.

Asy'ari Abdullah yang juga anggota DPRD Parepare terpilih ini, menegaskan bahwa Partai Gelora berbeda dengan partai politik lainnya dalam kewenangan menerbitkan rekomendasi calon kepala daerah yang akan diusung nantinya.

"Biasanya, rekomendasi calon kepala daerah diterbitkan oleh DPP. Kita di Partai Gelora, kewenangan untuk menerbitkan rekomendasi diserahkan ke DPD Partai Gelora Parepare," tegasnya.

Namun, kata dia, tetap ada proses pendaftaran, pengembalian, kemudian silaturahmi dengan DPW. Lalu, hasil DPW dilanjutkan ke dewan pimpinan nasional (DPN). Selanjutnya, DPN mencoret, dan sisahkan 2 atau 3 nama untuk diserahkan ke DPD.

"DPD Partai Gelora Parepare melakukan rapat pleno dalam menentukan satu nama yang akan direkomendasi nantinya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu S Parman Agoes Mante mengungkapkan semuanya masih berproses, termasuk rekomendasi partai kepada satu calon wali kota.

"Mekanisme partai tetap berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk, berkas kelima bakal calon wali kota diusulkan ke DPN pasca mengikuti silaturahmi,” kata anggota DPRD Parepare terpilih ini.

Ia menegaskan, semuanya memiliki peluang yang sama untuk bersama-sama dengan Partai Gelora di Pilkada Parepare. "Intinya kelima kandidat itu, miliki peluang yang sama," ujarnya.

Parman juga menegaskan bahwa belum ada nama yang dikeluarkan partai Gelora. Semua kandidat memiliki peluang yang sama bahkan sekalipun itu kader, meskipun beberapa variable yang menjadi penilaian dalam menentukan satu Namanya nantinya. Selain hasil survei, juga komunikasi dan keseriusan kandidat itu, sendiri.

"Kita tidak melihat satu variabel saja, yakni hasil survei. Tetapi komunikasi, dan keseriusan kandidat," bebernya.

Senada juga disampaikan Sekretaris DPD Partai Gelora Parepare Andi Alamsyah. Dia menegaskan, dalam proses ini, kelima kandidat diberikan perlakuan yang sama. "Perlakukan yang sama terhadap kelima kandidat itu. Sehingga mereka memiliki peluang yang sama," ujarnya.

Asy'ari Abdullah menambahkan, kriteria calon wali kota tentunya mereka yang dapat menjamin keamanan dan kesejahteraan masyarakat Parepare.

"Ini menjadi harapan masyarakat bahwa calon wali kota yang bisa menjamin keamaman dan kesejahteraan masyarakat. Keamanan di sini, tentunya keamanan dalam berinvestasi, keamanan dalam berusaha, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tandas Asy'ari Abdullah. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan