Pj Wali Kota Akbar Ali Bangga kepada Pelajar Parepare Ikut Andil Pecahkan Rekor MURI Lewat Sulsel Menari

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Parepare berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam event Sulsel Menari.

Even ini, digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Rabu, 12 Juni 2024.

Tercatat sekitar 1.155 pelajar di Kota Parepare, ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut yang mencatatkan rekor Muri sebagai peserta 'Penari Tari Padduppa' terbanyak se- Sulsel. Acara ini, juga dilaksanakan serentak di 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan (Sulsel)

Sulsel menari dapatmenjadi angin segar bagi para pegiat budaya, sebab event itu bisa menjadi salah satu panggung kebudayaan serta wadah literasi kebudayaan. Apalagi jika kegiatan itu menjadi kegiatan tahunan Pemprov Sulsel.

Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare HM Makmur hadir langsung menyaksikan dan memberikan dukungan kepada para pelajar yang menari.

Turut hadir Asisten I Dede Harirustaman, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata HM Iskandar Nusu, Sekretaris Disdikbud Mustadirham, dan jajaran SKPD terkait lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Di hadapan ribuan penari, Pj Wali Kota menyatakan kebanggaan dan mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan kegiatan Sulsel Menari di Kota Parepare.

"Kami di Kota Parepare melibatkan penari sekitar 1.155. Saya sebagai Penjabat Wali Kota merasa bangga, terharu bahwa salah satu tradisi budaya kita dalam hal ini tari padduppa, merupakan salah satu tarian lokal yang bahkan diciptakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Kota Parepare yaitu Andi Nurhani Sapada (ibu Faisal Andi Sapada, mantan Wakil Wali Kota Parepare)," ungkapnya.

Dia menjelaskan menjadi kebanggan tersendiri sebuah tradisi lokal dilestarikan kembali menjadi bagian dari kegiatan Pemprov Sulsel yang bahkan mencetak rekor Muri.

"Kami berharap even-even yang diprogramkan pemerintah provinsi ini, nanti kita akan lakukan juga di Kota Parepare. Setiap ada even yang dilakukan oleh pemerintah, kelompok organisasi, atau kegiatan apapun, akan dimulai dengan Tari Padduppa," ujarnya.

Pj Wali Kota pun memuji kegiatan Sulsel Menari di Parepare sangat antusias diikuti oleh para pelajar dengan kompak mengenakan Baju Bodo khas Bugis Sulsel secara seragam dan serentak. (has)

  • Bagikan