Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Laksanakan Diklat Calon Pegawai Perbankan

  • Bagikan

BOGOR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan membuka pelatihan Diklat Pembinaan Pengabdian sesuai profesi bidang perekonomian bagi calon pekerja salah satu perbankan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapusdiklat Bela Negara Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia, dihadiri pejabat perbankan, Corpu Denny Syarief, Perwakilan Ropeg Setjen Kemhan, Perwakilan Set Badiklat Kemhan, Perwakilan Pusdiklat Badiklat Kemhan, para kabid, Widyaiswara Pusdiklat Bela Negara, Camat Rumpin Kabupaten Bogor, dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Zainul Arifin yang dibacakan Irup, Selasa 11 Juni 2024, menyampaikan pesan kepada para kader bela negara bahwa sesuai Pasal 6 ayat (2) UU No 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, salah satu keikutsertaan warga negara dalam usaha bela negara diselenggarakan melalui pengabdian sesuai dengan profesi.

"Keikutsertaan peserta dalam diklat ini menunjukan bahwa saudara merupakan warga negara yang terpanggil hatinya dan penuh kesadaran untuk membekali diri dengan berbagai ilmu yang akan diajarkan selama mengikuti diklat dalam rangka bela negara.," ujarnya.

"Saat ini bangsa Indonesia menghadapi berbagai ancaman yang datang silih berganti baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Ancaman ini jika dibiarkan dapat mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan bangsa," tambahnya.

Sebagai warga negara yang bertanggung jawab, katanya, tentunya tidak akan membiarkan adanya pihak-pihak yang ingin menghancurkan bangsa Indonesia. "Mari kita bersama-sama menjaga bangsa ini sesuai dengan kemampuan dan profesi kita masing-masing, sudah banyak negara di dunia yang hancur karena tidak dapat mendeteksi dan mengatasi ancaman terhadap negaranya," tandasnya.

Kabadiklat Kemhan mengajak untuk belajar dari pengalaman yang sudah ada agar negara Republik Indonesia tetap tegak berdiri sampai akhir zaman.

Mencermati hal tersebut, Kementerian Pertahanan melalui Badiklat Kemhan dalam hal ini Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan menyelenggarakan Diklat Pembinaan Pengabdian Sesuai Profesi Bidang Perekonomian Bagi Calon Pekerja perbankan.

"Diklat ini merupakan salah satu bentuk manajemen bagi pegawai dalam kecintaannya kepada bangsa dan negara yang bertujuan sebagai bagian pengembangan kekuatan nirmiliter, walau dalam waktu singkat para peserta akan memanfaatkan kesempatan berguna ini sebagai media sharing untuk menghasilkan opini, argumentasi dan karya akademis yang adaptif, inovatif dan berkualitas," pungkasnya. (*)

  • Bagikan