Try Adiyaksa Surianto, Pelajar asal Parepare Harumkan Nama Sulsel Lolos Paskibraka Nasional

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE--  Pelajar  SMA Negeri 1 Kota Parepare Try Adiyaksi Surianto mengharumkan nama Sulawesi Selatan (Sulsel) di level nasional.

Itu setelah dirinya terpilih sebagai Paskibraka Nasional. 

Hal itu, berdasarkan surat pemberitahuan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Nomor : 55/PE.00.04/06/2024 tanggal 21 Juni 2024 Prihal : Pemberitahuan Hasil Verifikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 yang ditujukan kepada Panitia Pelaksana Pembentukan Paskibraka tingkat Provinsi tahun 2024 se- Indonesia. 

Maka berdasarkan surat tersebut menyatakan bahwa Try Adiyaksa S merupakan pelajar dari SMA Negeri 1 Parepare dan Anggara Sapan Kallolangi pelajar asal Tana Toraja berhasil mewakili Sulawesi Selatan sebagai Paskibraka Nasional setelah mengikuti selaksi tingkat nasional pada 9-13 Juni 2024 di Jakarta. 

Dua perwakilan Sulsel lainnya di nyatakan sebagai cadangan Paskibraka Nasional.

Sementara surat Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan Nomor : 400.3/097-VI/Kesbangpol tanggal 24 Juni 2024 Prihal : Penetapan Hasil Seleksi Paskibraka Tingkat Pusat dan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024 menetapkan tiga orang peserta Paskibraka Provinsi Sulawesi Selatan asal Kota Parepare,  yakni Muhammad Fadlurrahman asal SMAN 5 Unggulan Parepare, Fira Nurfadillah Faesal asal SMA Negeri  1 Parepare,  dan Mutiara Tri Bulan Fathonah asal MAN 2 Parepare.

Try Adiyaksa Surianto yang lebih akrab disapa Try adalan calon paskibraka asal Kota Parepare yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi mulai dari tingkat kota,  provinsi dan nasional.

Try  lahir di Parepare , 1 Januari 2008 merupakan putra dari Serma Surianto dan Hasmawati  bercita-cita melanjutkan perjuangan orang tua masuk di Akademi Militer (Akmil).

Try merupakan putra daerah ini, mengikuti jenjang pendidikan dari TK Kartika 9 Parepare. Kemudian 

SD negeri 3 Parepare dan

SMP negeri 10 Parepare, dan masih menempuh pendidikan di SMAN 1 Parepare.

Ia juga tercatat sebagai pelajar yang berprestasi.  

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Parepare Rustan Asta  membenarkan informasi tersebut. 

"Sejak Jumat kemarin, kami sdh mendapatkan informasi tersebut dari Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan. Ini merupakan prestasi gemilang bagi Kota Parepare. Dan kami secara khusus (Kesbangpol), karena saat ini kami menerima amanah kegiatan paskibraka baru dua tahun," ujarnya.

"Alhamdulillah,  atas kerja ikhlas dan ikhtiar semua pihak baik dari panitia Kesbangpol, TNI/Polri, dan Purna Paskibraka kita mampu meloloskan putra daerah sebagai perwakilan Sulsel yang akan mengibarkan Bendera Pusaka pada tanggal 17 Agustus 2024 di IKN sebagai pengganti dari Istana Negara dan 3 orang akan mengibar di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan serta 70 orang akan bertugas di Kota Parepare," sambungnya.

Prestasi ini, kata dia,  patut di apresiasi oleh karena paskibraka tahun ini melalui berbagai proses yang tentunya tidak mudah bagi anak kita.

"Mereka mempersiapkan diri sejak bulan Februari hingga bulan Juni ini, baik dari seleksi tes Wawasan Kebangsaan, Samapta, Parade, Kesehatan dan Psikologi telah dikuti dengan semua jenjang," jelasnya. 

Ketua PPI Kota Parepare Dede Harirustaman juga membenarkan prestasi itu. Ia menyebut bahwa terakhir perwakilan Parepare ke tingkat nasional pada tahun 2017. 

"Kurang lebih enam tahun kita membina, baru kembali bisa menghasilkan kader paskibraka ke tingkat nasional. Kami yakin dan percaya bahwa Kota Parepare selalu menjadi barometer pembinaan kepemudaan, khususnya paskibraka di Sulawesi Selatan. Kami memiliki kader yang potensial dan mampu membina dengan baik," ujar Asisten I Pemkot Parepare ini.

Seekedar diketahui, proses pembinaan dan pelatihan Paskibraka Parepare akan dimulai bulan Juni hingg Agustus, mendatang. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan

Exit mobile version