Uji Kelayakan di DPW PPP Sulsel,  TQ Tunjukan Kualitas dan SDM Calon Wali Kota Parepare saat Paparkan Program UMKM dan Tata Kelola Pemerintahan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Bakal Calon Wali Kota Parepare Taqyuddin Djabbar (TQ) telah mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and property test) di Kantor DPW PPP Sulsel pada Minggu, 26 Mei 2024.

Saat memaparkan program UMKM, TQ menunjukan kualitas dan SDM sebagai calon wali kota Parepare masa depan di hadapan tim uji kelayakan dari DPW PPP Sulsel.

Pasalnya, program UMKM yang dijelaskan TQ berbasis data. Belum lagi TQ juga dinilai mampu memaparkan program UMKM yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

Di hadapan tim uji kelayakan PPP, TQ juga menjelaskan kondisi Parepare sejak dulu, sekarang dan masa akan datang  dalam tata kelola pemerintahan.

Dalam setiap kesempatan, Ketua IKA Unhas Kota Parepa, Taqyuddin Djabbar (TQ) menuai pujian dari warga karena satu-satunya kandidat yang peduli dan memikirkan kesejahteraan masyarakat Parepare dalam melalui pergerakan UMKM.

TQ menilai Parepare memiliki potensi yang bisa menjadi penyangga untuk daerah lain. 

"Dengan kemajuan peradaban, Parepare bukan hanya sebagai penyanggah daerah-daerah sekitar, tapi juga untuk daerah-daerah lain termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN)," kata TQ.

Menurut Ketua Dewan Pakar ICMI Parepare ini, potensi besar yang dimiliki Parepare, adalah 15.757 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Angka tersebut,  menempatkan Parepare pada urutan ketiga terbesar jumlah pelaku UMKM di Sulsel.

"Namun secara rasio, Parepare tertinggi. Baik secara jumlah penduduk maupun rasio pada jumlah keluarga. Jika ingin memperbaiki Parepare, maka benahi UMKM disemua sektor," ujarnya

TQ  juga menekankan ekonomi Parepare bermuara pada ekonomi non manufacturing industry tanpa mesin.

"Dan inilah yang oleh pemerintahan sebelumnya, diterjemahkan sebagai industri tanpa cerobong asap. Karena industri itulah yang prosesnya dari hilir ke hulu. Sekaligus upaya mengatasi jumlah pengangguran," tandas TQ.

Sementara itu, Ketua Tim Desk Pilkada PPP Parepare Yodi Hanya mengatakan, sudah ada tiga figur bakal calon wali kota yang mengikuti fit and profer test atau uji kelayakan di Kantor DPW PPP Sulsel, baru-baru ini. yakni, Muhammad Zaini,  Tasming Hamid, Taqyuddin.

*Sudah ada tiga bakal calon wali kota yang ikut uji kelayakan. Satu, diantaranya Pak Taqyuddin Djabbar," kata Yodi Haya. 

Ia menambahkan, tim uji kelayakan yang melakukan fit and profer test setiap kandidat dari DPW PPP Sulsel. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan

Exit mobile version