Ahmadi Akil Mengajak Generasi Muda Menjaga Budaya Lokal

  • Bagikan
Pj.Bupati Ahmadi Akil mencoba memaikan alat mappadendang

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pj.Bupati Pinrang Ahmadi Akil
mengajak generasi muda di Desa Samaenre, berperan aktif menjaga kelestarian budaya lokal sebagai modal menghadapi tantangan kemajuan zaman.

Hal itu dikemukan Ahmadi Akil saat membawakan sambutan di acara pesta adat Mattojang dan Mappadendang Pallipa Putewe di Dusun Katteong, Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Bulu, Kamis 11 Juli 2024.

"Kepada seluruh Generasi muda untuk ikut serta dalam upaya mempertahankan tradisi dan budaya sehingga tidak tergerus oleh perkembangan zaman"pesan Ahmadi

Acara seperti ini kata dia, agar rutin dilakukan karena keberadaan dan keberhasilan hari ini tidak lepas dari peran serta adat istiadat dan kearifan lokal yang menjadi ciri khas dari masyarakat bugis Kabupaten Pinrang.

Ia mengapresiasi penyelenggara kegiatan atas semangat kebersamaan dan gotong royong sehingga acara besar seperti ini bisa terlaksana. Hal demikian sangat jarang ditemui dimasa modern saat ini.

Pada kesempatan ini, Pj.Bupati Ahmadi Akil juga berkesempatan melakukan ziarah makam La Tola Pallipa Putewe, salah saeorang Ulama dan tokoh agama masyarakat Dusun Katteong.

Turut hadir unsur Forkopimda, Asisten Ekonomi Pembangunan Abd.Rahman Mahmud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan A.Macca, Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga A.Suyuti, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura A.Sinapati Rudi, Camat Mattiro Sompe A.Ramlan Natsir serta pihak terkait lainnya.(*)

  • Bagikan