Atasi Inflasi, Pemkab Enrekang Teken MoU Bersama dengan Pemkab Tana Toraja, Bulukumba dan Kota Palopo

  • Bagikan

ENREKANG, PARE POS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang dan Pemkab Tana Toraja, Pemkab Bulukumba dan Pemkot Palopo melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah.

Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam bentuk kerjasama Perdagangan Komoditas Unggulan antar daerah yang dilakukan di Pendopo Rujab Bupati Enrekang, Rabu 3 Juli 2024.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung Pj Bupati Enrekang H Baba dan perwakilan dari ketiga Kabupaten tersebut yakni Bulukumba diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian, Tana Toraja diwakili oleh Asisten II dan Kota Palopo diwakili oleh Sekda.

“Penandatanganan kerjasama antara daerah adalah wajib dilakukan kepala daerah terkhusus penjabat kepala daerah. Penandatanganan kerjasama hari ini dengan Kabupaten Tana Toraja, Bulukumba dan Kota Palopo, merupakan kerjasama antara Kabupaten dan Kota bukan antar kepala daerah dan ini harus tetap terjalin ke depannya," ungkap Pj Bupati Enrekang.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Enrekang ini, saat ini Kabupaten Enrekang memiliki komoditas unggulan dan dapat diandalkan. Semoga dengan bangkitnya pertanian Enrekang bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Tana Toraja, Bupati Bulukumba dan Walikota Palopo, karena atas persetujuan beliau beliau inilah penandatanganan kerjasama hari ini bisa terlaksana karena ini masuk dalam penilaian kinerja penyelenggaraan penjabat daerah," terang Pj Bupati Enrekang.

Dijelaskan Pj, Bupati Enrekang, salah satu komiditas unggulan Enrekang adalah hasil pertanian terutama bawang merah dan sayur sayuran. Enrekang yang terletak di dataran tinggi pulau Sulawesi tentu memiliki pasokan hasil pertanian yang sangat bagus. Sama halnya dengan Bulukumba dan Kota Palopo dengan hasil laut yang melimpah, Tana Toraja dengan Pariwisata yang terkenal hingga mancanegara.

"Kita masing-masing memiliki keunggulan daerah yang bisa saling melengkapi satu sama lain. Misalnya komoditas perikanan/laut yang melimpah di Bulukumba dan Palopo, bisa dikirim di Enrekang. Atau pariwisata di Tana Toraja dan Bulukumba bisa menjadi daerah percontohan bagaimana mengelola Kekayaan daerah dan tempat wisata agar menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," tandasnya.

Selain itu, MoU juga ini untuk mempererat hubungan antra daerah sehingga silaturahim tidak boleh terputus. Untuk itu kerjasama antar daerah ini adalah usaha terbaik untuk tetap saling support dalam pembangunan.

Pj. Bupati Enrekang juga mengatakan, terjadinya perdagangan antar daerah yang lancar, memungkinkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

“Kerjasama antar daerah adalah salah satu upaya konkrit pengendalian inflasi daerah, kesepakatan Pemkab Enrekang dan Pemkab Tana Toraja,Bulukumba dan Kota Palopo dimaksudkan sebagai dasar dalam melakukan kerjasama dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan bertujuan untuk mengoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan pengembangan ekonomi melalui pengendalian inflasi daerah,” pungkas Pj Bupati Enrekang. (han)

  • Bagikan

Exit mobile version