Cakupan Vaksinisasi Polio Kabupaten Pinrang Sudah Capai 75 Persen, Data Sementara Tertinggi Kedua di Sul-Sel

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesahatan Pinrang, Dyah Puspita Dewi memantau imunisi di RS.Khadijah

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pinrang mencatat hingga 26 Juni 2024, capaian imunisasi polio putaran pertama di Kabupaten Pinrang, sudah 75 persen dari sasaran yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten yaitu 55.650 anak pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, Dyah Puspita Dewi mengatakan imunisasi volio sudah menyasar 42.563 atau 75 persen dari target anak usia 0-7 tahun.

Untuk mencapai target tahap pertama ini, Dyah Puspita Dewi aktif melakukan monitoring pelaksanan disetiap Pusksemas dan Rumah Sakit.

"Hari ini saya memantau pelaksanaan PIN di RS.ST.Khadijah Pinrang, mereka sangat membantu pencapaian target imunisasi"tuturnya.

Kehadiran organisasi sosial kemasyarakatan seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) juga membantu pencapaian terget sasaran di tahap ini.

Ia berharap, pencapaian Kabupaten Pinrang seperti tahun sebelumnya meraih prosentase tertinggi dan tercepat di Sulawesi Selatan (Sul-Sel)

"Paling utama semua masyarakat usia 0 sampai 7 thn 11 bln 29 hari tervaksin polio Sehingga mampu membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok untuk mencegah penularan polio"ungkapnya.

Untuk mengejar target cakupan hingga batas akhir 28 Juli, petugas dilapangan melakukan sistem sweeping, jika sasaran tidak datang ke pos PIN.

"Kendala yang dihadapi saat ini sasaran yang berada diwilayah pegunungan, tetapi kami optimis dapat mencapai target yang telah dicanagkan sebelumnya".

Berdasarkan data sementara cakupan dosis I per kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Kabupaten Pinrang berada di urutan kedua dengan capaian 76,5 persen diatas Kabupaten Soppeng yang berada pada angka 79,4 persen. (*)

  • Bagikan