Kafilah Parepare Siap Ukir Prestasi di Ajang FASI Tingkat Sulsel

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Muh. Husni Syam resmi melepas resmi kontingen atau Kafilah Parepare ke ajang Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ke-12 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2024. Pelepasan dipusatkan di Barugae, Rujab Wali Kota Parepare, Rabu, 24 Juli 2024, yang dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesra Dede Harirustaman, Kepala Kemenag Parepare, beberapa Kepala SKPD, Kabag Kesra Muh Islah, Kabag Perekonomian Rudy M, anggota kontingen bersama pendamping dan orang tuanya.

Kontingen Parepare berjumlah 30 orang, yang akan mengikuti FASI di Kabupaten Bantaeng, selama empat hari, 24-28 Juli 2024.

Mereka akan mengikuti 18 lomba, di antaranya Lomba Orator Al-Qu'ran, Lomba Azan, Cerdas Cermat, Ceramah Agama Islam, Tilawah Al-Qur’an, dan Tahfizul.

Di sela pelepasan, Sekda Husni Syam menyatakan kebanggaannya, dan berpesan untuk mengukir prestasi terbaik, serta jaga nama baik Parepare.

"Kita harapkan Parepare ke depan tidak lagi kekurangan bibit peserta yang berprestasi dalam segala kompetisi seperti ini,” harapnya.

Dia mengungkapkan Parepare sebagai Kota Santri dan Ulama menjadi lokomotif lahirnya generasi Qurani dan menjadi gudang dari bibit-bibit yang berbakat.

Dia juga mengatakan FASI ini menjadi ajang bagi peserta untuk unjuk kemampuan yang dimiliki. Sehingga Parepare menjadi lumbung penghasil bibit berprestasi yang dapat bersaing di ajang MTQ ataupun STQH.

"Ini menjadi sebuah awal dalam pencarian bakat dari potensi yang mereka tunjukkan sejak dini. Sehingga Parepare tidak lagi kekurangan bakal calon peserta yang dapat berbicara di semua ajang bahkan tingkat nasional," katanya.

Dia juga berpesan agar seluruh anggota kafilah tetap menjaga kondisi kesehatan selama berada di Bantaeng, sehingga semuanya bisa tampil secara maksimal demi hasil yang optimal.

"Kami berharap kontingen tetap menjaga kebersamaan dan kembali ke Parepare dengan hasil maksimal. Ini juga akan menjadi cikal bakal untuk kegiatan Islamiah dan lomba-lonba tingkat selanjutnya," harap Husni.

Sementara Asisten I yang menjadi Ketua Kafilah Dede Harirustaman mengungkapkan, Parepare sebelumnya berhasil meraih juara pada ajang yang sama, dan mewakili Sulsel ke tingkat nasional pada 2022.

"Kami berharap melalui Festival Anak Saleh ini, dapat mencetak generasi Qurani dalam menyongsong masa depan anak-anak Parepare lebih baik lagi," katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Kota Parepare mengutus 30 peserta Kafilah yang akan mengikuti 18 jenis lomba pada FASI di Kabupaten Bantaeng selama empat hari.

"Kami melepas sebanyak 30 peserta dari kafilah Parepare. Alhamdulillah, pemerintah sangat mendukung kegiatan ini dengan harapan anak-anak kita dapat mengharumkan nama baik Kota Parepare," tandasnya. (has)

  • Bagikan