Penjabat Wali Kota Akbar Ali Dukung Pelabuhan Parepare Berstandar Kesehatan dan Keselamatan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pelabuhan Nusantara Kota Parepare menuju standar kesehatan paripurna. Karena itu, dilakukan verifikasi lapangan untuk Penghargaan Pelabuhan dan Bandara Sehat Tahun 2024.

Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali turut hadir bersama Forum Pelabuhan Sehat Parepare, jajaran terkait Pemkot Parepare, KSOP Parepare, dan para stakeholder menyambut tim verifikator di Terminal Pelabuhan Nusantara, Kamis, 25 Juki 2024. Tujuannya, untuk mengevaluasi standar kesehatan dan keselamatan pelabuhan serta bandara di seluruh Indonesia.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, bersama berbagai stakeholder terkait memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan verifikasi ini.

Penjabat Wali Kota Akbar Ali mengapresiasi peran serta Pemkot Parepare, KSOP, dan seluruh tim pendukung dalam upaya verifikasi ini. Akbar Ali mendukung penuh verifikasi lapangan Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandara Sehat ini.

"Pemerintah Kota Parepare sangat berterima kasih atas keberadaan tim verifikasi untuk memberikan perhatian khusus dan memastikan bahwa salah satu pelabuhan masuk kategori sehat adalah Pelabuhan Nusantara Kota Parepare," katanya.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang tergabung dalam Forum Pelabuhan Sehat atas atensi terhadap pelabuhan untuk mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Pemerintah Kota Parepare juga memberikan dukungan kepada tim dalam hal ini apakah memberikan dukungan infrastruktur ataupun bentuk penyadaran kepada masyarakat untuk mendukung Pelabuhan Sehat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikator dr Tunggul Birowo menjelaskan, verifikasi lapangan dilakukan agar pelabuhan memiliki standar kesehatan yang paripurna.

"Untuk melayani pelaku perjalanan, dan layanan yang ada dalam pelabuhan itu standarnya harus sesuai. Sehingga yang kita harapkan adalah tidak terjadi penyakit atau faktor risiko kesehatan yang bisa membahayakan pekerjanya, maupun pengguna jasa yang menggunakan jasa di pelabuhan tersebut," katanya.

Ia menyebut bahwa ada enam indikator dalam verifikasi Pelabuhan Sehat, di antaranya terkait dengan kesehatan lingkungan, sarana dan prasarana, PHBS, kelembagaan yakni seluruh stakeholder harus kompak dalam mewujudkan Pelabuhan Sehat. Itu ditambah indikator keamanan dan ketertiban di dalam dan di sekitar pelabuhan. "Seluruh stakeholder harus kompak dalam mewujudkan pelabuhan sehat," tandasnya. (has)

  • Bagikan