Pj Bupati Hadir Penyerahan LHP- LKPP dan IHPS II Tahun 2023 di BPK-RI Jakarta

  • Bagikan
Pj bupati Enrekang H Baba bersama ketua DPRD Idris Sadik, hadiri penyerahan LHP - LKPP, di BPK - RI Jakarta, 8 Juli 2024

ENREKANG, PARE POS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat Bupati Enrekang, H. Baba bersama Ketua DPRD Kabupaten Enrekang, Muh. Idris Sadik, menghadiri undangan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS II) tahun 2023 dengan tema “Menguatkan Fondasi Negara”, Menuju Indonesia Emas 2045 di JCC, Jakarta, 8 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Selain itu, hadir pula Kepala Lembaga, Pimpinan Kementerian/Lembaga, Kepala BPK RI dan jajarannya, Pimpinan BUMN, dan para rektor Perguruan tinggi, serta Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Ketua BPK Isma Yatun menegaskan bahwa pemeriksaan yang inklusif dan berkualitas merupakan modal kuat dalam perjalanan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, berbeda dari biasanya, penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS II) tahun 2023 dilakukan kepada Presiden. “Momen ini memberikan perspektif perjalanan proses penguatan akuntabilitas tata kelola keuangan negara selama satu dekade terakhir yang telah dilakukan bersama antara Pemerintah dan BPK melalui pemeriksaannya,” kata Ketua BPK dalam sambutannya pada penyerahan LHP LKPP tahun 2023 dan IHPS II tahun 2023 kepada Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Senin 8 Juli 2024.

Pada tahun 2015 hingga 2023, BPK telah melakukan penyelamatan uang dan aset negara berupa penyerahan aset dan/atau penyetoran uang ke kas negara/daerah/perusahaan atas hasil pemeriksaan senilai Rp55,97 triliun. Ini merupakan komitmen BPK untuk mengawal pelaksanaan pembangunan dalam bentuk pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Selain itu, Ketua BPK juga menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan BPK atas LKPP tahun 2023 menunjukkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian tersebut merupakan opini WTP kedelapan sejak LKPP tahun 2016. “Opini WTP sebagai refleksi kualitas terbaik dalam pertanggungjawaban pelaksanaan APBN melalui penyajian LKPP yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan akan semakin mendorong kepercayaan multi-stakeholder di lingkup sektor publik,” jelasnya. Menurut Ketua BPK, hal ini adalah landasan yang kuat bagi pemerintahan.

Selanjutnya, termasuk dukungan dan sinerginya, sehingga BPK dapat mengimplementasikan mandatnya dengan baik. “Untuk itu, terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden beserta jajaran pemerintahan yang telah berkomitmen dan berupaya keras menguatkan fondasi akuntabilitas dalam mengelola tata kelola keuangan negara selama sepuluh tahun terakhir,” ungkap Ketua BPK.

Melalui pesan singkatnya, Penjabat Bupati Enrekang, H Baba, menyampaikan terima kasih atas kerja keras BPK dan pemerintah dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan negara. “Kami di pemerintah daerah siap mendukung segala upaya yang dilakukan BPK untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan negara. “Kami di pemerintah daerah siap mendukung segala upaya yang dilakukan BPK untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan negara,” ujar H. Baba, (Han)

  • Bagikan