SDN 47 Kota Parepare Gelar Pembelajaran dengan Teknologi VR

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - UPTD SDN 47 Kota Parepare menggelar kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknologi kacamatan Virtual Reality (VR) di sekolah, Selasa, 30 Juli 2024.

Pembelajaran berbasis teknologi itu, melalui kegiatan virtual program Outing Class bekerja sama dengan
Trisakti Edutaiment yang mengusung tema "Pemanfaatan media pembelajaran digital melalui penggunaan kamacata VR" dengan moto siswa nyaman, guru aman, dan orang tua bahagia.

Tujuannya, untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta membantu siswa lebih adaktif terhadap perkembangan teknologi.

Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare Sudirman Manda mengatakan, kegiatan ini merupakan virtual program Outing Class bekerja sama dengan Trisakti Edutaiment.

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pendidikan berbasis digital di SDN 47 Kota Parepare.

"Mudah-mudahan kegiatan ini, SDN 47 Kota Parepare betul-betul melaksanakan proses pembelajaran yang tidak hanya sekadar konvesional. Tetapi kita mulai mencoba untuk terus menggenjot anak anak kita untuk terus belajar secara digital," katanya.

Adapun media pembelajarannya kata dia, menggunakan kacamata VR. Sebab, penggunaan kacamata VR tersebut, sangat menarik untuk peserta didiknya.

"Harapan kami dengan pembelajaran digital ini, anak-anak didik kami seolah-olah merasakan konten pembelajaran melalui kacamata VR. Kalau kemarin, anak-anak kita hanya sekadar membaca, melihat gambar. Tetapi kali ini, anak-anak kita merasakan seolah-olah kenyataan. Seperti jika konten pembelajarannya di dalam laut," ucapnya.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan tersebut peserta didiknya sangat antusias.

"Tentu guru-gurunya juga sangat antusias. Kami insyaallah akan memprogramkan, menganggarkan untuk tahun 2025, 10 paket kacamata VR," jelasnya.

"Kami punya moto, mudah-mudahan anak kami semua nyaman di sekolah, guru-gurunya senang, aman dan pada akhirnya orang tua siswa kami bahagia," lanjutnya.

Semantara, salah seorang siswa, SDN 47 Kota Parepare Fatini Firzanah mengungkapkan senang bisa belajar dengan menggunakan kacamata VR.

"Sangat seru, dan masih mau. Tadi melihat dinasurus saat belajar menggunakan kacamata VR. Saya sangat senang," singkatnya.

Senada orang tua siswa, Jumriah Ali Kasim menyampaikan, jika pembelajaran tersebut sangat menarik. Apalagi, dengan melihat antusiasme peserta didik.

"Ini (pembelajaran kacamata VR) baru pertama kali di SDN 47 Parepare. Ini adalah hal yang baru buat anak kami, dan memang sangat seruh. Kami berharap, program ini bisa berlanjut," harapnya.

Sebab kata dia, sistem pembelajarannya seperti tiga dimensi. "Misalnya belajar menghitung dan anak-anak mungkin bisa lebih cepat menyerap. Kami orang tua, selalu mensupport kegiatan sekolah," ucapnya.

Sementara, Manager Operasional Trisakti Edutaiment, Sardin Damis memberikan apresiasi kepada SDN 47 Kota Parepare. "Sesuai dengan komitmen kami dengan Dinas Pendidikan. Kami datang di Parepare mengusung revolusi belajar berbasis teknologi VR," ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu dari lima program literasi pendidikan. Yaitu, literasi digital. "Tentunya, salah satu sekolah yang berperan dalam literasi digital adalah SDN 47 Kota Parepare," tandasnya.(has)

  • Bagikan