Tahun 2025, Dinas PUPR Parepare Usulkan Rekonstruksi Jalan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Kondisi jalan yang rusak terus menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Tahun 2025, Dinas PUPR Kembali mengusulkan perbaikan jalan melalui kegiatan rekonstruksi jalan ke pemerintah pusat dalam hal ini, Kementerian PU melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2025. Adapun usulan rekonstruksi jalan, di antaranya Jalan Ambo Mati, Liubuloe, Tegal, Petta Unga dan penuntasan Lanyer.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare Widin Wijaya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus berupaya melakukan percepatan peningkatan pembangunan jalan demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Tahun 2025, kita usulkan kegiatan rekonstruksi jalan di Kementerian PU," katanya.

Dia menjelaskan, syarat pengusulan ini, adalah ruas jalan yang terkonektivitas dengan jalan nasional. "Ada lima ruas jalan, dan dua koriodor," ujarnya.

Dia menyebut bahwa progress pengusulan ini, sudah tahap penajaman dan asistensi di Kementerian PU. "Kenapa hanya lima ruas jalan? Itu karena dibatasi oleh kementerian. Namun, kita secara bertahap akan mengusulkan kegiatan rekonstruksi jalan melalui dana alokasi khusus atau DAK," jelasnya.

Kendati demikian, kata dia, perbaikan jalan berlubang di Parepare rutin dilakukan.

" Tahun ini, perbaikan rutin tetap berjalan dengan melakukan penambalan beberapa ruas jalan. Yakni , Jalan Jenderal Sudirman, Mattirotasi, Agussalim, Petta Unga, Abubakar Lambogo (Ablam) dan Lahalede," tandasnya. (*)

  • Bagikan