YLP2EM Berkomitmen Wujudkan Parepare Jadi Kota Inklusif

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (YLP2EM) Mitra BaKTI, berkomitmen kuat untuk mewujudkan Parepare menjadi kota Inklusif.

Dari banyaknya program yang dilakukan untuk mencapai visinya. YLP2EM kembali melaksanakan Penguatan Pendampingan Lembaga Berbasis Komunitas (LBK)- Kelompok Konstituen (KK) dalam menfasilitasi Perlinsos.

Kegiatan yang dibuka Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Muh. Husni Syam, dihadiri pendamping LBK-KK, Komunitas Disabilitas serta petugas Perlindos di Lagota Caffe and Resto, Kamis, 11 Juli 2024.

Koordinator Program Inklusi Parepare, Abd. Samad Syam mengatakan, sejak awal YLP2EM di Parepare memang memiliki target dalam setiap perencanaan dan perjalanan programnya.

Dia mengungkapkan, target terbesar mereka, adalah menjadikan Parepare sebagai kota inklusif, atau kota yang mampu menjamin ketersediaan dan kenyamanan layanan publik bagi semua. Termasuk, untuk kelompok rentan dan marjinal, tanpa diskriminasi.

"Itu mimpi saya dan tim di Parepare. Ke depannya,  kota ini akan menjadi contoh yang pantas bagi daerah lain. Tentang keramahannya, kenyamanan, keamanan hingga akses fasilitas dapat dirasakan semua kelompok tanpa perbedaan," katanya.

Dia menjelaskan dalam proses pembangunan dan kesejahteraan daerah, semua masyarakat memiliki hak untuk terlibat dan mendapatkan perhatian. Tidak boleh ada yang dipinggirkan atau diasingkan, semua musti setara dan adil.

Sehingga, YLP2EM bersama Pemkot dan DPRD Parepare terus berkolaborasi aktif, dalam memberikan edukasi dan menfasilitasi masyarakat.

"Seperti, mereka yang berkebutuhan khusus, tentu perlu didampingi dengan baik, untuk mendapatkan haknya atau kenyamanan tinggalnya," katanya.

Sementara, Sekda Kota Parepare, Muh. Husni Syam, mengatakan bahwa, YLP2EM memang selalu berhasil menciptakan dan menghadirkan program yang layak mendapat apresiasi.

Terlebih, kepekaan dan kepeduliannya bagi kelompok disabilitas dan rentan. Hal tersebut, juga dinilai sebagai bentuk keterlibatan YLP2EM untuk membangun Kota Parepare.

"Secara pribadi maupun Pemerintah Kota tentu sangat mengapresiasi setiap program YLP2EM. Mereka benar-benar turut terlibat dan aktif dalam membantu Pemkot Parepare, membangun dan memajukan kota ini,"ujarnya.

Dia berharap, kedepannya, setiap program dari YLP2EM terus mendukung pemerintah khusunya, dalam memberikan perlindungan dan pelayanan bagi masyarakat.

"Karena saat ini, kami dari Pemkot memang sedang fokus untuk mencari cara dan langkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terkait kelayakan pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Semoga Pemkot dan YLP2EM terus berkolaborasi, baik," tandsnya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan