Cara Mencegah Dan Mengatasi Gatal Pada Kulit Tangan

  • Bagikan

Setiap orang tentu saja pernah merasakan gatal pada kulit tangan. Kondisi ini memang terkesan sangat sepele, karena merupakan masalah kesehatan ringan. Meskipun demikian, gatal di kulit tangan kerapkali menimbulkan ketidaknyamanan.

Bahkan, sakin merasa tak nyamannya, banyak orang yang mengalami gatal – gatal sampai susah tidur, stress, hingga rentan terkena infeksi karena kulit tangannya tergaruk.
Kulit tangan gatal bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun penyebab yang paling umum adalah akibat digigit serangga, alergi, stress, penyakit eksim, atau karena psoriasis. Lantas, bagaimana cara mencegah dan mengatasi gatal pada kulit tangan?

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa dijajal di rumah:

1.Gunakan Handwash

Cara untuk mencegah dan mengatasi gatal pada kulit tangan adalah mencuci tangan menggunakan handwash. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin mencuci tangan dengan handwash. Salah satu manfaatnya adalah membantu mencegah beragam permasalah tangan, termasuk rasa gatal. Nah, kamu bisa membeli produk handwash di blibli.com.

2.Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gatal pada kulit tangan yang ringan, tak terkecuali akibat gigitan serangga atau iritasi. Selain mampu menghilangkan kulit gatal, gel alami ini juga bisa memberikan sensasi dingin yang nyaman untuk kulit bermasalah.

3.Pakai Minyak Mentol

Minyak mentol memiliki efek mendinginkan dan bisa membantu menghilangkan rasa sakit hingga gatal. Cara menggunakannya untuk mengatasi kulit tangan yang gatal cukup praktis, yakni cukup oleskan minyak esensial mentol yang telah dicairkan ke area kulit tangan yang gatal dua kali sehari. Lakukan metode ini setidaknya selama dua minggu.

4.Kompres Dingin

Cara lain untuk mengatasi kulit tangan yang gatal adalah bisa menggunakan kompres dingin. Caranya yaitu gunakan kompres dari kain basah dingin atau kompres es ke area yang gatal di kulit tangan selama 5 hingga 10 menit. Pendinginan bisa membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan rasa gatal di kulit tangan.

5.Oleskan Cuka Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel telah digunakan ribuan tahun sebagai bahan alami disinfektan dan antiseptik untuk obati luka. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menghilangkan rasa gatal di kulit tangan.

Cara menggunakannya cukup mudah yakni campur cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 1:1. Kemudian, oleskan larutan tersebut ke area kulit tangan yang gatal dan biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas kulit tangan dengan air hangat.

Namun, yang perlu diingat, karena cuka apel dapat mengiritasi luka terbuka, jadi jangan oleskan larutan ini pada kulit pecah – pecah atau berdarah.

6. Menjaga Kelembaban Kulit

Penyebab kulit tangan gatal juga bisa karena kulit kering. Oleh sebab itulah, pastikan kamu selalu menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan krim, losion, dan banyak minum air putih.
Produk pelembab kulit sebaiknya digunakan setelah mandi, pada saat kondisi kulit masih agak lembab. Selain itu, jangan lupa untuk melembabkan tubuh juga sebelum tidur dan lembabkan tangan setelah terkena air.

7.Menghindari Pemicu Iritasi

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi dan memicu rasa gatal pada kulit tangan antara lain karena air panas, perubahan suhu dan kelembaban, produk perawatan kulit dengan kandungan (pewangi, pewarna, atau zat kimia tertentu), wol dan serat sintetis, tanaman, juga akibat stress. Jadi, untuk mengatasi gatal pada kulit tangan karena alergi, pastikan kamu mengurangi kontak dengan sumber pencetus alergi.






  • Bagikan